Sukses

Kasus Bunuh Diri Terbanyak di Jawa Tengah

Kasus bunuh diri di Indonesia jumlahnya memprihatinkan. Jawa Tengah kali ini menjadi provinsi dengan jumlah kasus kematian tertinggi akibat

Liputan6.com, Jakarta Kasus bunuh diri di Indonesia jumlahnya memprihatinkan. Jawa Tengah kali ini menjadi provinsi dengan jumlah kasus kematian tertinggi akibat bunuh diri.

"Dari data yang kami miliki terdapat 160 kasus bunuh diri di Jawa Tengah," terang Karo Penmas Divhumas POLRI, Drs. Boy Rafli Amar dalam Workshop Koordinasi Lintas Sektor, Lintas Program dan Masyarakat dalam rangka Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia di Jakarta (15/9/2014).

Di posisi selanjutnya kasus bunuh diri tertinggi di Indonesia tercatat ada di Jawa Timur dengan 84 kasus, DKI Jakarta ada 55 kasus, Bali dengan 39 kasus. Lalu, Jawa Barat dengan 27 kasus.

Boy Rafli menjelaskan bahwa data tersebut dihimpun dari tahun 2012 hingga sekarang berdasarkan laporan Kepolisian Daerah di Indonesia. Laporan bunuh diri yang masuk ke dalam definisi kepolisian adalah kematian yang tidak wajar yang perlu dilakukan investigasi.

Jumlah kasus bunuh diri per tahun di Indonesia pun berada pada kisaran angka yang relatif tak jauh berbeda menurut data kepolisian. Pada tahun 2012 dengan 981 kasus, 2013 dengan 921 kasus. Di tahun 2014 ini sudah terjadi 457 kasus. 

Menurutnya berbagai motif penyebab bunuh diri versi kepolisian RI mulai dari dilanda keputusasaan dan depresi, tekanan hidup, gangguan kejiwaan, dan termasuk bunuh diri dalam kasus terorisme.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini