Sukses

Kenali Tanda-tanda Penyakit Jantung pada Anak

Penyakit jantung bawaan memiliki ciri-ciri yang perlu diperhatikan. Apa saja

Liputan6.com, Jakarta Kelainan jantung pada anak tentu saja mengancam tumbuh kembang si kecil sehingga pemeriksaan dini diperlukan sejak dia lahir.

Konsultan jantung anak yang juga Pendiri Rumah Echo dan Vaksinasi, dr. Piprim B Yanuarso Sp.A (K) menyampaikan tanda-tanda penyakit jantung bawaan yang dialami anak sedari lahir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanda biru



1. Biru

Penyakit jantung bawaan secara fisik bisa ditandai dengan warna tubuh bayi yang biru dan tidak biru. Jika di beberapa bagian tubuhnya seperti misalnya mulut (gusi, bawah lidah), jari tangan, kaki berwarna kebiruan maka perlu diwaspadai penyakit jantung bawaan.

2. Tidak biru

"Tubuhnya tidak biru tapi ada gejala seperti minum ASI terputus- putus dan nggak lama, bayi sering melengos dan berat badannya nggak naik sesuai grafik tumbuh kembang. Ini juga perlu segera diperiksa," kata Piprim saat diwawancarai Tim Health-Liputan6.com, Sabtu (13/9/2014).

Piprim mengatakan, gejala ini tidak terkecuali dialami bayi laki-laki dan perempuan. Artinya, kedua jenis kelamin berisiko besar mengalami penyakit jantung bawaan. Dan jika tanda ini muncul, Piprim menyarankan orangtua segera melakukan pemeriksaan USG (iltrasonografi) jantung agar segera ditentukan terapi apa yang perlu dilakukan.

"Penyakit jantung bawaan biasanya terjadi pada bayi yang baru lahir. Jika tidak segera dideteksi, kelainan jantung dapat menghilangkan nyawa anak sebelum satu tahun," tegasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.