Sukses

Sikap Pasrah yang Tepat Seperti Apa?

Banyak orang punya anggapan salah mengenai sikap pasrah. Kebanyakan merasa dan yakin bahwa ini merupakan langkah putus asa

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang punya anggapan salah mengenai sikap pasrah. Kebanyakan merasa dan yakin bahwa ini merupakan langkah putus asa, tidak berbuat apa-apa dan dan hanya menerima secara pasif.

Pakar teknologi pikiran Adi W Gunawan, CCH yang juga guru para hipnoterapis klinis di Indonesia menyebutkan bahwa kebanyakan orang mengartikan 'pasrah' sebagai sikap ketidakberdayaan atau putus asa atau apatis.

"Pasrah yang benar atau yang sesungguhnya tidak melekat pada hasil. Kita berusaha semaksimal yang bisa kita lakukan dan hasilnya kita serahkan kepada Tuhan. We do our best and let God take care of the rest. Kalau kita berhasil, yang bisa kita ucapkan adalah 'Puji Tuhan. Alhamdullilah, Subhaanallah. Karma baik baik saya berbuah."ujar pendiri Adi W Gunawan Insitute of Mind Technology, di Bogor,ditulis Jumat (12/9/2014).

Karena itu energi pasrah seperti tertuang dalam Map of Consciousness atau peta kesadaran minimal berada pada level 10 pangka 250 atau netralitas. Bahkan bila kita pelajari lebih dalam, kata Adi, pasrah juga masuk di level 10 pangkat 350 atau penerimaan.

Contoh jelas sikap pasrah menurut Adi, misalnya kita ingin mendapatkan mobil. Yang kita lakukan sebagai langkah awal adalah menuliskan dengan sejelas-jelasnya apa yang kita impikan atau inginkan.

Selanjutnya, kita yakin akan mendapatkan mobil itu. Karena itu, kita berterima kasih (syukur) pada Tuhan atas hal ini. Kemudian kita melakukan upaya atau kerja yang akan membawa kita pada impian itu.

"Nah, dalam proses menuju impian ini, kita pasrah. Kita tidak mengatakan 'harus dapat'. Dapat atau tidak, itu terserah kepada Tuhan. Di sinilah beda antara pasrah yang tepat dengan yang tidak."jelas Adi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini