Sukses

5 Cara Cegah Lemot atau Lemah Otak

Sejumlah kondisi kesehatan yang kita alami sehari-hari seperti kegemukan, hipertensi, dan diabetes militus tanpa disadari dapat merusak otak

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah kondisi kesehatan yang kita alami sehari-hari seperti kegemukan, hipertensi, dan diabetes militus (DM) tanpa disadari dapat menjadi faktor risiko penyebab terjadinya kerusakan kognitif pada otak. Anak muda zaman sekarang menyebutnya lemah otak alias otak tak lagi berfungsi baik ditandai dengan mudah lupa/pikun, tak bisa berpikir dengan baik. Dan bila kondisi ini dibiarkan terus menerus, akan mempercepat terjadinya demensia (pikun) pada orang usia lanjut.

Dr. dr. Czeresna Heriawan Soejono, SpPD, KGer menjelaskan bahwa sejumlah faktor risiko di atas sebenarnya dapat diantisipasi dengan pendekatan farmakologi dan non-farmokologi.

"Misalnya saja dengan mengurangi asupan haram, asupan makanan berlemak, perencanaan makan, dan latihan fisik.  Dan tentunya, mengonsumsi sayuran dan buah-buahan setiap hari," kata Dr. Heriawan menjelaskan.

Maka itu, dalam acara 'Demensia: Bisakah Kita Mengurangi Risikonya?' di Erasmus Huis, Pusat Kebudayaan Belanda, HR. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, ditulis pada Kamis (11/9/2014), Direktur Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) menerangkan bagaimana penatalaksanaan terhadap sejumlah faktor risiko yang menyebabkan terjadinya suatu kondisi penurunan fungsional otak yang tidak dapat dihindarkan:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hipertensi



1. Hipertensi

Kurangi asupan garam
Obat antihipertensi: tahap awal dengan diuretik, dapat dikombinasikan dengan ACE-inhibtor, ARB, b-blocker, atau antagonis kalsium.
Target: TDS



2. Dislipidemia

Kurangi asupan makanan berlemak
Obat yang dianjurkan: statin
Target: trigliserida < 150 mg/dL, HDL kolesterol > 40 mg/dL untuk pria, dan 50 mg/dL untuk wanita serta LDL kolesterol < 100 mg/dL

3 dari 4 halaman

Diabetes mellitus



3. Diabetes militus

5 pilar penatalaksanaan DM: edukasi, perencanaan makanan, latihan fisik, obat, dan insulin.
Target: GDP < 120 mg/dL, pada usia lanjut GDP < 160 mg/dL.

4 dari 4 halaman

Obesitas



4. Obesitas

Penatalaksanaan harus dilakukan sejak usia dini.
Target: IMT < 25 kg/m2

5. Gagal jantung, fibrilasi atrium, hiperkoagulasi, dan hipergregasi trombosit

Identifikasi etiologi yang bisa dikoreksi. Terapi farmakologis (obat) yang sesuai untuk mengendalikan dan mengatasinya. Konsultasi ke dokter yang sesuai pada keadaan khusus

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini