Sukses

Langkah Sederhana Hindari Kejahatan Gendam

Tiga langkah cegah terkena praktik kejahatan hipnotis.

Liputan6.com, Jakarta Kejahatan dengan memengaruhi pikiran orang lain sehingga bisa dirampok dan diminta barang-barangnya atau yang disebut gendam kerap terjadi. Meski orang bilang dihipnosis, pada dasarnya tindakan seperti ini menurut Pakar Mind Technology Adi W Gunawan bukan tindakan hipnosis. Ini adalah gendam.

Dokter Stephanus Nurdin yang mendalami medical hypnoterapi punya cara untuk menghindarkan Anda dari praktik kejahatan ini. Ditemui di RSIA Budhi Jaya, Tebet, Rabu (10/9/2014) dokter Stephanus memberi saran:

1.  Saat bepergian ke suatu tempat jangan berpikir negatif. Selalu berpikir positif dan berdoa pada Tuhan. Lebih baik, ingat saja bahwa 'saya dijaga oleh Tuhan'.

2. Aktifkan pikiran dengan pikiran-pikiran ringan di sekitar yang tak fokus pada satu topik. Fokus terhadap sesuatu hal kemudian mendadak dikagetkan akan memudahkan si pelaku kejahatan mudah masuk ke alam bawah sadar seseorang.

3. Lebih baik aktifkan pikiran dengan pikiran-pikiran ringan dan melihat kondisi sekitar, misalnya saat Anda di jalan berpikir begini 'wah mobil yang barusan lewat bagus warnanya, ada tanaman baru di ujung jalan sana'

4. Jika Anda berada di tempat ramai, banyak orang kemudian merasakan pusing dan kekurangan oksigen, segera pindah ke tempat lain. Bisa juga dengan cuci muka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini