Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

12 Posisi Seks Aman untuk si Nyeri Punggung

Untuk kasus nyeri punggung yang berat, kegiatan seksual tetap bisa dilakukan asal dengan cara dan posisi seks yang benar.

Liputan6.com, Jakarta Untuk kasus nyeri punggung yang berat, kegiatan seksual tetap bisa dilakukan asal dengan cara dan posisi seks yang benar. Setidaknya rasa sakit bisa dikurangi dengan memberi terapi, misalnya dengan mengistirahatkan punggung sejenak, mengompresnya dengan air hangat atau meminum obat.

"Pada saat melakukan kegiatan seksual punggung bagian bawahlah yang lebih banyak bergerak," tutur Dr. Djoko Listiono Linggo, Sp.BS, ahli bedah saraf dari RS Pertamina, Jakarta.

Berikut 12 posisi seks yang aman bagi Anda yang mengalami nyeri punggung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

12 Posisi seks aman

1. Terlentang merupakan posisi yang baik bila isteri tidak mampu menahan beban tubuh suami. Punggung akan tersangga kasur sehingga beban otot berkurang. Gunakan bantal kecil untuk menopang lekukan leher. Untuk meringankan isteri, suami menyangga tubuh dengan lengan dan lutut. Untuk menekuk tulang punggung, isteri mengangkat lututnya sampai punggung terasa nyaman.

2. Isteri menyangga dirinya dengan kaki dan lengan agar tidak membebani punggung bawah suami. Gunakan gulungan handuk untuk menyangga sekitar pinggang, sehingga lengkungan alamiah pada tulang punggung tetap terjaga.

3 dari 7 halaman

Suami menahan punggung

3. Suami menahan punggung bawah dengan penyangga. Sementara lengan isteri menyangga tubuh bagian atas dengan meletakkan tangan di dekat pergelangan kaki suami.

4. Suami bertumpu pada betis dan tumitnya. Sangga lengkungan leher isteri dengan bantal kecil. Untuk merentangkan tulang punggung, letakkan gulungan handuk besar untuk menyangga punggung bawah isteri.

5. Suami menyangga kaki isteri supaya tetap pada posisinya. Isteri tidak boleh memutar pinggangnya. Untuk menekuk tulang punggung, isteri harus mengangkat dan menekuk lututnya.

4 dari 7 halaman

Miring


Miring

6. Posisi ini aman bagi hampir semua orang, karena tidak ada yang harus menyangga berat. Meski posisi ini netral, namun si nyeri punggung bisa sedikit menekuk atau merentang dengan mengubah posisi lutut dan panggul. Hati-hati, jangan sampai menjatuhkan pinggul atau pundak ke depan, karena berarti Anda memutar tulang punggung. Untuk menyangga tulang belakang agar tetap nyaman, sanggalah bagian kepala dan pinggang. Letakkan bantal di bawah lutut atas, agar pinggul tidak jatuh ke depan.

5 dari 7 halaman

Tengkurap

Tengkurap

7. Suami menyangga berat tubuhnya dengan siku dan lengan bawah. Supaya nyaman, bantal tipis dapat digunakan untuk menyangga pergelangan kaki isteri. Supaya tulang punggung tetap pada posisi netral, letakkan bantal kecil di bawah pinggang isteri. Jika punggung suami perlu disangga, pilihan ini tidak cocok. Posisi tengkurap juga tidak baik bila isteri menderita gangguan leher.

8. Suami mengangkat tubuhnya dan bertumpu pada tangan untuk mengurangi beban tindihan. Letakkan bantal di bawah dada isteri agar terasa lebih nyaman.

6 dari 7 halaman

Berlutut

Berlutut

9. Posisi ini tidak membutuhkan penyangga punggung, tapi memungkinkan isteri untuk merentang. Isteri juga bisa menyesuaikan posisinya agar lebih nyaman. Untuk merentangkan tulang belakang, isteri menjaga punggungnya agar tetap melengkung. Letakkan bantal di bawah lutut agar terasa nyaman.

Bertumpu Pada Tangan dan Kaki

10. Jika isteri perlu merentang dan tidak menderita gangguan leher, posisi ini cukup nyaman karena tidak menyangga punggung. Untuk merentangkan tulang punggung, isteri menjaga agar punggung tetap melengkung.

7 dari 7 halaman

Duduk

Duduk

11. Posisi duduk akan lebih nyaman setelah derita punggung mulai mereda. Untuk mendapat tumpuan paling nyaman, suami duduk tegak pada kursi, sebaiknya pilih kursi lurus tanpa sandaran tangan. Untuk menekuk tulang belakang, suami sebaiknya meletakkan kedua kaki di atas bangku.

12. Untuk merentangkan tulang punggung, suami menyangga punggung bawahnya dengan gulungan handuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini