Sukses

7 Makanan yang Bikin Asam Lambung Naik, Hindarilah

Asam lambung bisa dipicu dari makanan di malam hari dan menyebabkan rasa tidak nyaman seperti nyeri dan rasa terbakar di bagian perut, ulu h

Liputan6.com, Jakarta Hampir semua orang mungkin pernah mengalami asam lambung menaik atau refluks asam (refluks gastroesofagus). Tapi banyak yang tidak sadar atau cenderung mengabaikannya. Padahal asam lambung bisa dipicu dari makanan di malam hari dan menyebabkan rasa tidak nyaman seperti nyeri dan rasa terbakar di bagian perut, ulu hati hingga dada serta asam mulut.

Seperti dikutip laman Prevention, Senin (8/9/2014) Laringologi dari New York City, Jamie Koufman, MD mengatakan, faktor risiko asam lambung sejauh ini paling sering diakibatkan oleh makan malam yang tidak baik, seperti:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alkohol dan soda

1. Alkohol

Mnegonsumsi alkohol sebelum tidur dapat menyebabkan refluks asam yang mengganggu lambung dan kerongkongan.

2. Soda

Sudah jelas bahwa minuman bersoda lebih asam daripada minuman apapun. Plus, karbonasi dalam minuman bersoda dapat meningkatkan tekanan perut.

3 dari 4 halaman

Makanan berlemak

3. Makanan berlemak

Selain makanan berat yang mengandung minyak, makanan berlemak disini termasuk es krim, kue, dan keju.

4. Cokelat

Selain tinggi lemak, cokelat juga mengandung stimulan yang disebut theobromine, yang apabila dikonsumsi di malam hari dapat meningkatkan refluks asam.

4 dari 4 halaman

Kacang

5. Kacang

Meskipun fakta menyebutkan bahwa kacang menyehatkan tapi hindari mengonsumsi kacang mereka harus sebelum tidur. Terutama kacang mete, kenari, dan kacang macadamia.

6. Jeruk dan Apel

Segelas jus jeruk atau apel hijau adalah pilihan terburuk makanan yang dikonsumsi di malam hari. Walaupun ada beberapa orang yang tidak mengalami masalah saat makan apel merah di malam hari.

7. Kopi

Minum kopi juga jelas dapat meningkatkan refluks asam.


Lantas apa yang aman dikonsumsi dimalam hari? Koufman menyarankan makanan yang rendah asam, seperti pisang, semangkuk sereal rendah gula dengan susu rendah lemak atau teh chamomile nya. "Ini menenangkan dan cukup menghindari Anda dari bahaya asam lambung."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.