Sukses

Petik 8 Manfaat Berharga Buah Apel

Paling tidak ada delapan manfaat yang bisa diraih dari buah apel. Dari turunkan kolesterol hingga pertajam ingatan.

Liputan6.com, Jakarta Anda pasti mengenal slogan an apple a day keeps the doctor away. Jika dirunut manfaat dari sebuah apel ternyata memang benar, mengonsumsi apel secara rutin bisa membuat kita lebih sehat sehingga jarang sakit.  

Hal ini disebabkan karena kandungan buah yang segar ini sangat luar biasa. Berikut delapan manfaat apel yang sepatutnya Anda ketahui seperti dilansir Huffington Post, Minggu (7/9/2014).

1. Turunkan kolesterol
Satu apel ukuran sedang mengandung empat gram serat. Serat sangat erat hubungannya dengan menurunkan level LDL atay kolesterol buruk untuk tubuh.

2. Buat kenyang
Tingginya kandungan serat dalam apel membuat perut terus kenyang. Sistem pencernaan perlu proses lebih lama untuk memroses serat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tubuh langsing

3. Tubuh langsing
Pastikan makan apel beserta kulitnya, karena di kulit terkandung paling banyak serat, selain itu di bagian ini terdapat asam ursolic. Asam ini terkait dapat menurunkan risiko obesitas pada sebuah studi yang dilakukan pada tikus.

4. Cegah masalah pernapasan
Lebih dari lima buah apel seminggu ternyata bisa tingkatkan fungsi paru-paru yang lebih baik karena manfaat antioksidan bernama quercetin yang terdapat pada kulit apel.

Satu lagi, penelitian di tahun 2007 menunjukkan perempuan yang banyak makan buah apel cenderung melahirkan anak dengan risiko asma rendah.

3 dari 4 halaman

Pertajam daya ingat

5. Lawan demam
Selain jeruk, mengonsumsi apel pun bisa meningkatkankan kekebalan tubuh. Satu buah apel ukuran sedang mengandung 8 mg Vitamin C, 14% kebutuhan asupan harian.

6. Cegah risiko kanker
Penelitian di Perancis tahun 2004 menemukan bahwa kandungan dalam apel bisa mencegah hadirnya kanker usus. Ditambahkan lagi, penelitian dari Cornell di tahun 2007 menyatakan kandungan triterpenoids dalam apel bisa lawan kanker hati, usus, dan payudara.

4 dari 4 halaman

Jauhkan risiko diabetes

7. Turunkan risiko diabetes
Tak perlu ragu makan apel demi menurunkan risiko diabetes tipe 2 karena adanya kandungan antioksidan bernama anthocyanins.

8. Pertajam daya ingat
Terakhir, mengonsumsi apel ternyat berpengaruh terhadap produksi acetylcholine yang bisa mengkomunikasikan lebih baik jaringan sel-sel dalam otak. Sehingga ingatan pun jadi tajam dan menurunkan risiko terkena Alzheimer.


Bagaimana? Tentu, Anda tak butuh alasan lagi untuk makan apel si buah kaya manfat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.