Sukses

5 Hal yang Harus Dihindari Selama Kehamilan

Selama masa kehamilan, wanita diminta untuk lebih berhati-hati dengan segala yang dilakukannya, termasuk dalam hal memilih makanan.

Liputan6.com, Jakarta Demi sehatnya tumbuh kembang janin seorang ibu dianjurkan mengonsumsi makanan sehat. Selama masa kehamilan, pra ibu hamil ini diminta untuk lebih berhati-hati dengan segala yang dilakukannya, termasuk dalam hal memilih makanan. Tantangan terbesar pun dirasakan mereka di saat harus mempertahankan kebiasaan makanan sehat, selama janin di kandungan.

Tidak hanya soal makanan, banyak hal lain yang harus diperhatikan wanita hamil, agar mereka terhindar dari berbagai jenis penyakit, yang tidak hanya memengaruhi kesehatannya saja, melainkan juga janin yang ada di rahimnya. Dikutip dari Boldsky, Sabtu (6/9/2014) ada beberapa hal yang harus diperhatikan, agar selama masa kehamilan baik ibu maupun janin dalam keadaan sehat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cuci tangan



1. Cuci tangan

Disebutkan bahwa aktivitas ini harus dijadikan rutinitas wanita yang tengah mengandung. Mencuci tangan sebelum makan, mencegahnya terhindar dari penyakit. Apalagi bila wanita itu baru saja memegang daging merah.

2. Hindari alkohol

Barang satu ini harus dihindari di dalam kehidupan sehari-hari. Bila wanita masih nekat melakukannya, akan berdampak pada kesehatan anaknya kelak.

3 dari 3 halaman

Memasak daging



3. Memasak daging

Protein daging memang dibutuhkan ibu dan janinnya. Tapi harus diketahui bahwa masaklah daging sampai benar-benar matang, dan diolah dengan cara yang benar. Wanita hamil harus tahu, daging yang tidak dimasak dengan benar mengandung bakteri E-coli dan Toxoplasma.

4. Perhatikan diet

Rutinlah melakukan pengecekan terhadap gula darah dan tekanan darah selama masa kehamilan. Jika didiagnosa dengan diabetes gestasional, perhatikan apa yang akan dimakan. Makanlah dalam porsi kecil, dan hindarilah mengonsumsi minuman manis.

5. Makanan mentah

Katakan tidak untuk setiap makanan mentah selama masa kehamilan. Kemungkinan besar makanan mentah mengandung bakteri yang berbahaya untuk kesehatan. Masaklah setiap makanan yang akan disantap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini