Sukses

Bila Memang Kena Kanker Serviks, Jupe Tak Bisa Sembuh Begitu Saja

Seorang wanita yang terdiagnosis kanker serviks tidak bisa sembuh begitu saja

Liputan6.com, Jakarta Siapa sangka di balik keceriannya, bintang seksi, Julia Perez dikabarkan mengidap penyakit kanker serviks atau kanker mulut rahim. Penyakit yang menggerogotinya sejak lima bulan terakhir ini juga sulit disembuhkan bila sudah tingkat lanjut.

Seperti disampaikan Ahli Radiologi-Onkologi Dr. Fielda Djuita, Sp.Rad (K) Onk. Seorang wanita yang terdiagnosis kanker serviks tidak bisa sembuh begitu saja, harus ada terapi khusus tergantung stadium yang diidapnya.

"Terapi kanker serviks tergatung dari stadium penyakit. Kalau masih insitu atau sangat awal, hanya dikonisasi, atau dioperasi atau seperti dilaser bibir rahimnya aja. Melalui tindakan ini, wanita masih bisa hamil," kata Fielda melalui pesan singkat yang diterima Liputan6.com, Jumat (5/9/2014).

Selanjutnya, jika seorang wanita telah mengidap stadium 1 apalagi 2 dan seterusnya, meski bisa operasi atau sinar, kemungkinan bisa hamilnya kecil.

"Stadium 1 ke atas bisa ditindaklanjuti dengan operasi atau sinar, tapi sudah ngak mungkin hamil. Bahkan kalau sudah stadium 2 B, pasien ngak bisa operasi lagi," jelasnya.

Untuk itu, kata Fielda, penting bagi wanita untuk mencegah penyakit ini dengan papsmear. Atau segera konsultasi ke dokter apabila mengalami pendarahan atau keputihan tidak normal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.