Sukses

Prostat Tetap Sehat dengan 5 Cara Sederhana

Untuk mencegah agar terhindar dari penyakit kanker prostat, kita dapat melakukan sejumlah perubahan gaya hidup.

Liputan6.com, Jakarta Prostat adalah kelenjar kecil dekat kandung kemih yang akan mendatangkan masalah ketika individu semakin tua. Untuk mencegah agar terhindar dari penyakit kanker prostat, kita dapat melakukan sejumlah perubahan gaya hidup.

Di bawah ini, sejumlah tips dapat dilakukan demi meningkatkan kesehatan prostat yang kita miliki, seperti dikutip Health Me Up, Jumat (5/9/2014)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1



1. Konsumsi makanan sehat

Biasakanlah untuk makan makanan seimbang, yang diimbangi dengan mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, dan protein. Usahakan untuk memilih sayuran berwarna merah, karena mengandung lycopene yang merupakan antikarsinogenik.

Meski disarankan mengonsumsi makanan berwarna, bukan berarti kita dibolehkan untuk mengonsumsi daging merah terlalu banyak. Gantilah sumber protein yang berasal dari daging dengan ikan.

Kacang kedelai juga merupakan pilihan terbaik untuk menjaga prostat tetap sehat. Kita dapat mengonsumsi kedelai dalam bentuk tahu tofu, susu kedelai, tepung dan kacang kedelai.

3 dari 6 halaman

2



2. Aktivitas fisik

Melakukan aktivitas fisik secara rutin adalah hal terpenting untuk menjaga kesehatan prostat. Jika Anda adalah pemiliki tubuh besar, perkecillah ukuran tubuh dengan diet sehat dan aktivitas fisik.

Cobalah lakukan latihan kegel setiap hari, di mana kita dapat mengencangkan otot-otot di sekitar anuh selama beberapa detik pada satu waktu, lalu melepaskannya.

4 dari 6 halaman

3



3. Hindari alkohol dan merokok

Hindarilah mengonsumsi alkohol dan berhentilah merokok, karena keduanya memiliki dampak merugikan bagi kesehatan, dan menempatkan individu pada risiko sejumlah jenis kanker lainnya.

5 dari 6 halaman

4



4. Hindari konsumsi gula dan garam berlebih

Masaklah makanan dengan mengurangi pemakaian garam dan gula berlebihan. Atau individu dapat memilih makanan rendah sodium dan menghindari makanan yang diawetkan atau cepat saji yang memiliki kandungan sodium sangat tinggi.

Untuk gula, hindarilah minuman manis seperti minuman dalam kemasan dan minuman ringan, serta bersoda.

6 dari 6 halaman

5




5. Konsultasi dokter

Sesibuk apa pun kita, usahakan untuk membuat konsultasi dokter secara teratur. Pada saat melakukan konsultasi, ceritakan semua riwayat kesehatan prostat.

Tapi, setelah memasuki usia 50 tahun, individu harus melakukan pemeriksaan dubur setahun sekali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.