Sukses

Ortu Harus Tahu Ini Bila Ingin Menitipkan Anaknya

Orangtua diimbau untuk berpikir panjang terlebih dulu sebelum benar-benar menaruh dan membiarkan anak diasuh oleh orang lain.

Liputan6.com, Jakarta Meski tempat penitipan anak seperti Baby Daycare merupakan alternatif bagi orangtua pekerja, tetap saja mereka diimbau untuk berpikir panjang terlebih dulu sebelum benar-benar menaruh dan membiarkan anak diasuh oleh orang lain.

Asrorun Niam Sholeh mengatakan, langkah pertama yang harus diperhatikan orangtua adalah melihat dulu usia anaknya itu. Bila usia anak masuk kategori yang membutuhkan pengasuhan khusus, ada baiknya untuk mengasuhnya sendiri. Apalagi bila ibu ingin memberikan buah hatinya air susu ibu (ASI) eksklusif.

"Ada baiknya pada usia ini diasuh dengan optimal, guna menjamin tumbuh kembang dan juga mewujudkan cita-cita dan keinginan besar para orangtua agar anak-anaknya terlahir sebagai pribadi yang baik secara fisik dan perkembangan pendidikannya," kata Asrorun di Jakarta, ditulis Health Liputan6.com pada Jumat (5/9/2014)

Bila kondisi memang tidak memungkinkan, Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menganjurkan, agar para orangtua menjalin komunikasi yang baik dengan pihak pengasuhnya, untuk menanyakan bagaimana perkembangan si buah hati. "Karena bagaimana pun itu perlu," kata Asrorun menerangkan.

Dilanjutkan Asrorun, jangan sampai para orangtua `pasrah` dan menyerahkan sepenuhnya pada pengasuh untuk mengasuh calon pengganti dirinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.