Sukses

4 Manfaat Detoks Digital

Detoks digital adalah suatu kondisi di mana kita mematikan semua perangkat gawai dalam jangka waktu yang lama.

Liputan6.com, Jakarta Detoks yang selama ini kita kenal mengarah pada mengonsumsi sayuran dan buah-buahan guna mengeluarkan semua racun yang ada di tubuh kita. Tapi, pernahkah kita mendengar tentang detoks digital?

Detoks digital adalah suatu kondisi di mana kita mematikan semua perangkat gawai baik itu ponsel, komputer, tablet, pemutar musik, maupun televisi dalam jangka waktu yang lama agar kita mampu menemukan hal-hal lain yang dapat dilakukan di kehidupan ini.

Seperti kita tahu bahwa kehidupan saat ini dikelilingi oleh beragam jenis perangkat elektronik canggih yang membuat kita menghabiskan setengah dari hidup dalam sehari untuk berkutat dengan barang-barang tersebut. Biasanya, digunakan untuk bekerja dan bersosialisasi di jejaring sosial. Maka itu, penting bagi kita untuk sesekali melakukan detoks digital ini.

Apa saja manfaatnya? Berikut keuntungan yang akan kita dapatkan saat melakukan detoks digital, seperti dikutip dari Health Me Up, Kamis (4/9/2014)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1



1. Memiliki waktu pribadi lebih lama

Menjauh sejenak dari segala perangkat elektronik yang kita miliki, membuat kualitas hidup kita mengalami peningkatan.

Sebab kita akan mendapatkan waktu pribadi dan istirahat lebih lama, tanpa harus diganggu dengan segala panggilan yang tertuju kita, baik itu panggilan langsung, maupun melalui surat elektronik atau mensyen yang masuk ke semua jejaring sosial kita.

3 dari 5 halaman

2



2. Kesehatan mental

Meski terasa sulit hidup tanpa gawai dalam waktu tertentu, semua akan berjalan dengan lancar bila kita mulai merasakan manfaatnya. Tahukah kita bahwa dengan melakukan detoks digital akan membuat mental kita lebih sehat? Ya, karena nantinya kita akan lebih fokus pada pikiran dan perasaan kita.

4 dari 5 halaman

3



3. Mengurangi stres

Melakukan detoks digital akan membantu kita mengurangi stres yang kita rasakan, dan meringankan rasa cemas yang mungkin kita dapatkan selama berada di kantor atau bersosialisasi dengan sejumlah individu.

5 dari 5 halaman

4



4. Meningkatkan kesehatan

Munculnya beragam elektronik di kehidupan kita, membuat kesehatan kita menjadi taruhannya. Bayangkan saja, ketika menatap layar elektronik yang dimiliki tak jarang membuat mata menjadi tegang, punggung dalam keadaan bungkuk dalam waktu yang lama, dan jempol selalu bergerak. Belum lagi bahaya radiasi yang akan kita terima.

Apabila kita melakukan detoks digital selama beberapa waktu, akan mengembalikan kesehatan kita menjadi lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.