Sukses

Obati Luka Bakar dengan 5 Bahan Dapur Ini

Segera atasi luka bakar dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dari dapur. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Luka bakar merupakan hal biasa yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Terkena knalpot panas, percikan air dan minyak mendidih membuat kulit jadi terasa sakit dan kadang melepuh.

Agar tak jadi bekas dan berbahaya segera redakan rasa panas dengan bahan-bahan alami di sekitar Anda. Dilansir dari Reader's Digest, Jumat (5/9/2014) berikut bahan-bahan dari dapur yang ampuh menenangkan dan bantu menyembuhkan luka bakar.

1. Lidah buaya

Lidah buaya adalah bahan alami yang paling terkenal untuk mengatasi luka bakar. Tumbuhan yang satu ini dapat menghentikan rasa sakit, peradangan, mengurangi pembengkakan dan merangsang pertumbuhan kulit.

2. Pasta gigi mint

Untuk luka bakar ringan seperti terkena percikan minyak goreng dan air panas oleskan saja pasta gigi mint pada daerah yang terkena.

3. Kantong teh

Teh hitam mengandung asam tanic yang membantu mengurangi rasa sakit. Oleh karena itu, saat terkena luka bakar, coba letakkan dua-tiga kantong teh hitam pada luka bakar.

4. Madu

Madu merupakan antibiotik alami yang membantu mencegah luka bakar jadi infeksi. Selain itu, madu pun mampu mendinginkan luka bakar, mengurangi rasa sakit dan membantu kulit untuk menyembuhkan kulit.

5. Susu

Pasti mudah menemukan susu di rumah. Saat terkena luka bakar segera oleskan susu di atasnya selama 15 menit. Lemak dan protein dalam susu mampu menenangkan luka bakar dan mempercepat penyembuhan.

6. Jangan gunakan es untuk atasi luka bakar

Tidak sedikit orang yang ingin meredakan rasa panas akibat luka bakar dengan memberikan es. Namun, es malah membatasi aliran darah ke kulit dan menyebabkan kerusakan kulit lebih lanjut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.