Sukses

Film Action Picu Kegemukan bagi Penggemarnya

Bukan menonton televisi, tapi menonton film action membuat lebih banyak makan yang menimbulkan kegemukan.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa tahun terakhir, film action buatan dalam negeri banyak bermunculan di layar bioskop seperti The Raid, Serigala Terakhir, Merah Putih. Belum lagi film action dari barat yang menampilkan adegan laga seru banyak beredar. Namun, para peneliti mengingatkan menonton film genre ini bisa memicu kegemukan.

Selama ini aktivitas menonton yang memicu kegemukan adalah saat menonton acara televisi. Aktivitas ini bisa membuat orang betah duduk berlama-lama sambil mengemil yang memicu kenaikan berat badan.

Namun hasil penelitian dari Cornel University menemukan fakta baru bahwa menonton film bergenre action lebih banyak membuat seseorang mengemil lebih banyak dibanding mereka yang menonton acara yang cenderung tenang.

Hasil ini diketahui setelah penelitian yang dipimpin dokter Aner Tal membandingkan mereka yang menonton film action The Island dengan program talkshow Charlie Rose Interview. Penelitian yang melibatkan 94 mahasiswa memperlihatkan yang menonton film The Island 36% lebih banyak dam 46% lebih banyak kalori dibandingkan yang menonton acara talkshow.

Menurut peneliti, kombinasi gerakan aksi laga ditambah iringan soundtrack dengan beat cepat mempercepat nafsu makan. Gerakan cepat dan perubahan suara yang disebut "objective technical characterisitic" dapat memengaruhi banyaknya asupan makanan yang dimakan, seperti dilansir Independent, Selasa, (2/9/2014).

Tetap ingin menonton film action terbaru namun ogah gemuk? Siapkan cemilan sehat di samping Anda seperti buah dan kacang-kacangan yang baik untuk tubuh saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.