Sukses

Atasi Insomnia dengan Makan Pisang

Khasiat pisang lebih dari sekedar mengenyangkan, jika dikonsumsi di waktu tepat bisa juga memengaruhi insomnia.

Liputan6.com, Jakarta Kesulitan tidur di malam hari atau insomnia makin hari makin mudah orang dengan problema ini. Stres akan pekerjaan dan serbuan acara hiburan dirasa bagi sebagian orang sebagai penyebabnya.

Jangan abaikan jika hal ini terjadi pada Anda kurang tidur membuat tubuh mudah lelah dan tak berenergi. Selain itu, menurut beberapa ahli akan menyebabkan mudah lupa, kebingungan, tekanan darah tinggi, obesitas hingga depresi.

Tidur cukup dan berkualitas tak sekedar melepaskan lelah tapi juga saat bagi tubuh untuk bekerja. Hasilnya, tubuh kebal terhadap penyakit, daya ingat tajam, serta meningkatkan kemampuan belajar hal-hal baru.

Besar bukan dampak tidur bagi kehidupan Anda? Oleh karena itu jangan sia-siakan kesempatan tidur dengan baik. Bagi Anda yang merasa kesulitan tidur coba makan pisang sebelum tidur serta 8 cara lain agar tidur lebih nyenyak seperti dilansir Daily Mail, Selasa (2/9/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makan kacang-kacangan

1. Makan kacang-kacangan.
Di dalam kacang Brasil maupun kenari terdapat protein, kalium, dan selenium yang membuat hormon tidur bekerja lebih baik.

2. Akhiri makan malam dengan salad
Salah satu komponen salad adalah selada baik untuk buat tidur lebih nyenyak. Kandungan lactucarium di dalamnya memiliki sifat sedatif dan melemaskan otak.

3. Minum teh chamomile
Teh jenis ini mengandung glisin yang merilekskan saraf dan otot sehingga bertindak mirip sebagai obat penenang ringan.

4. Hindari minum alkohol
Banyak yang orang awam berpendapat minum alkhohol bisa membantu tidur, padahal alkohol membuat tidur jadi tidak baik dan membuat keesokan hari kelelahan.

3 dari 3 halaman

Mandi air hangat

5. Matikan TV atau lampu
Satu jam sebelum tidur coba jauhkan smartphone, matikan televisi dan lampu. Hadirnya cahaya akan membuat otak terus bekerja.

6. Mandi air hangat
Usai beraktivitas buat rileks tubuh dengan mandi air hangat. Air hangat akan membantu tubuh meningkatakan suhu tubuh. Kondisi ini akan membuat tubuh saat kembali ke tempat tidur lebih mudah menyesuaikan suhu.

7. Makan pisang
Sebelum tidur coba minum susu hangat rendah lemak atau pisang. Kedua makanan tersebut melepaskan bahan kimia alami yang membuat tubuh lebih rileks serta mengandung kalsium dan triptofan sehingga tidur lebih nyenyak.

Coba lakukan hal di atas. Jika insomnia masih melanda, tak ada salahnya mendatangi dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.