Sukses

Yang Harus dilakukan Bila Terlanjur Obesitas Saat Hamil

Kalau sudah terlanjur kegemukan atau obesitas, apa yang harus dilakukan?

Liputan6.com, Jakarta Risiko penyakit yang muncul akibat obesitas dapat berakibat fatal bagi bayi. Tapi kalau sudah terlanjur kegemukan atau obesitas, apa yang harus dilakukan?

Pakar gizi dari Departemen Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Endang L. Achadi menjawab, daripada obesitas saat hamil, seorang harus bisa memperbaiki pola makannya. (Baca: Ancaman diabetes saat hamil)

"Kalau sudah terlanjur obesitas saat hamil, makanlah dengan gizi yang seimbang. Jadi, jangan cuma yang karbohidrat terus tetapi harus ada kelompok protein hewani seperti daging atau protein nabati seperti tempe dan tahu, lalu ada sayur dan buah, itu yang harus dikonsumsi," kata Endang saat ditemui di acara seminar Nutritalk di Yogyakarta, ditulis Selasa (2/9/2014).

Bagaimana dengan porsinya? Endang menjelaskan, porsi makanan ibu hamil harus seimbang antara nasi dan lauk-pauk. Jadi jangan makan hanya nasi saja terus ditambahkan secuil lauk-pauk, tidak begitu. Dalam hal ini bukan jumlahnya yang penting tapi kualitas gizi dari makanan yang dikonsumsi. "Itulah yang harus dilakukan ibu hamil terlanjur obesitas saat hamil."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.