Sukses

Kenali Depresi dengan 7 Gejala Berikut

Coba cek, adakah satu dari 7 gejala depresi berikut muncul dalam diri Anda.

Liputan6.com, Jakarta Mengenali gejala gangguan kesehatan jiwa bagi orang awam tak semudah kesehatan fisik. Depresi, salah satu jenis gangguan kesehatan jiwa ini juga tak tak selalu ditunjukkan dengan perasaan sedih, tak bahagia, atau menangis.

Ada banyak gejala yang mengindikasikan mengarah ke depresi yang tidak disadari. Dilansir Reader Digest, Senin (1/9/2014) berikut gejala yang bisa jadi penanda adanya depresi dalam diri Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gejala Depresi

1. Menyembunyikan perasaan kesedihan
Seseorang ini memiliki kemampuan yang sempurna dalam menyembunyikan perasaan depresinya. "Orang ini adalah bagian dari komunitas yang berfokus pada tugas dan perfeksionis," tutur  Margaret Rutherford, PhD, psikolog dari Arkansas.

2. Tidak tahu sedang senang atau sedih
Ini adalah zona abu-abu yang menjadi tanda apatis menurut Brett Blumenthal, penulis A Whole New You: Six Steps to Ignite Change for Your Best Life. "Saat tertekan, seseorang tidak sadar mematikan segala emosi untuk menutupi emosi kesedihan," tutur Blumenthal.

3. Menyibukkan diri
Rasanya tak ingin ada waktu tersisa, segala waktu luang diisi dengan berbagai aktivitas sehingga saat di rumah bisa langsung tidur dan kembali sibuk lagi. Menurut para ahli, menyibukkan diri adalah cara bagi seseorang untuk menutup rasa tertekan.

4. Mudah marah saat ada hal yang tak terduga
Seseorang yang depresi tak hanya mudah sedih, menangis tapi juga marah, terutama pada pria. Menurut Rutherford, kemarahan adalah cara untuk membuat dirinya lebih nyaman.

3 dari 3 halaman

Melakukan tindakan berisiko

5. Mudah ambil tindakan berisiko
Pria yang sedang mengalami depresi cenderung melakukan hal-hal berbahaya seperti kebut-kebutan di jalanan, judi, mabuk, hingga bercinta tanpa berpikir panjang menurut WebMD.

6. Sulit berpikir jernih
Kebanyakan pasien depresi menerangkan bahwa mereka kesulitan fokus pada segala hal. Menurut Ruteherford pasien yang sedang depresi sering mengatakan "rasanya pikiran saya keruh dan tak mampu berpikir seperti dahulu.

7. Tak lagi menyukai hal yang dulu disukai
Jika biasanya gemar menonton drama Korea, mendadak Anda malas untuk menonton acara tersebut tanpa alasan jelas. Menurut para ahli, saat depresi terdapat perubahan pada otak sehingga membuat kurang semangat jalani hidup.

Seperti itulah gejala yang mungkin tidak disadari oleh mereka yang sedang depresi. Jika beberapa gejala ada pada diri Anda tak ada salahnya memeriksakan diri ke psikolog atau psikiater.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.