Sukses

Resep Menu dari Bahan Selada Air

Banyak resep yang dapat dibuat dengan menggunakan selada air

Liputan6.com, Jakarta Karena sayuran ini berwarna hijau, dapat diragamkan dengan sayuran hijau lainnya seperti bayam dan kangkung, yang sudah banyak digemari. Jika tidak suka menyantapnya secara segar, dapat di-blanching lebih dulu, agar bau langu hilang.Banyak resep yang dapat dibuat dengan menggunakan selada air, sesuai dengan kebiasaan tiap-tiap daerah di Indonesia. Berikut resep dari ahli gizi kuliner, Toeti Sunardi

 Selada Air Dressing KacangUntuk 5 porsi (1 porsi = 204 kalori)Bahan:250 gram selada air, dipotong daunnya100 gram ketimun, diiris halus panjang1 butir telur rebus, diirisBahan Dressing Kacang:5 sendok makan mayones siap pakai2 sendok makan saus tomat2 sendok makan air masak100 gram pindakas (selai kacang)1 butir kuning telur rebus1/2 sendok teh garam1 sendok makan air jeruk lemon1 sendok makan gula pasirCara membuat:1.    Buat dressing kacang. Campur mayones dengan saus tomat, sisihkan. Campur air dengan pindakas dan kuning telur rebus, aduk rata. Campur adonan mayones dengan adonan pindakas, aduk, beri garam, air jeruk lemon, dan gula. Aduk rata, sisihkan.2.    Selada air di-blanching (direbus dengan air mendidih selama 3 menit), angkat, rendam dalam air es, tiriskan.3.    Atur dalam piring saji selada air, atasnya beri ketimun, siram dengan dressing kacang. Hiasi dengan irisan telur rebus.4.    Hidangkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selada Air Bumbu Serombotan

Selada Air Bumbu Serombotan Untuk 5 porsi(1 porsi = 173 kalori)Bahan:300 gram selada air, dipotong daunnya200 gram taoge50 gram kacang merah rebus50 gram kacang kedelai rebusBahan Sambal Kelapa:1 sendok makan irisan bawang putih2 sendok makan irisan cabai merah 3 buah cabai rawitdigoreng menjadi satu1 sendok teh irisan lengkuas 1 sendok teh terasi Kelima bahan di atas goreng menjadi satu3/4 sendok teh garam1 sendok teh air jeruk limau200 gram kelapa parut, disangraiBahan Bumbu Koples:3 buah cabai merah25 gram kacang tanah goreng1/2 sendok teh terasi1/2 sendok teh garam1 sendok teh kecap manis1 sendok makan gula pasir100 mililiter air masak2 buah jeruk limau, ambil airnyaCara membuat:1.    Buat sambal kelapa. Haluskan bumbu yang telah digoreng, beri garam dan air jeruk limau, campur dengan kelapa sangrai. Aduk rata, sisihkan.2.    Buat bumbu koples. Haluskan cabai merah, kacang tanah goreng, terasi dan garam. Beri kecap manis, gula pasir, air masak, dan air jeruk limau, aduk rata.3.    Selada air di-blanching (direbus dalam air mendidih selama 3 menit), angkat. Rendam dalam air es, tiriskan.4.    Taoge diseduh air mendidih, tiriskan, campur dengan sambal kelapa, sisihkan. 5.    Atur dalam piring saji, selada air, atasnya beri campuran taoge dan sambal kelapa, siram dengan bumbu koples, lalu taburi dengan kacang merah dan kacang kedelai rebus. 6.    Hidangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.