Sukses

Kuis : Ketahui Apakah Anda Siap Punya Anak?

Silakan ikuti kuis berikut ini untuk memastikan apakah Anda berdua secara fisik siap untuk mempunyai anak.

Liputan6.com, Jakarta Tubuh Anda akan mengalami perubahan luar biasa saat hamil. Jadi, sebelum memutuskan untuk mengandung, pastikan Anda berada dalam keadaan yang paling sehat. Calon ayah juga punya tugas yang tidak kalah penting. Apa yang dimakan, minum dan apa pun yang ditelan oleh mulut Anda, dapat mempengaruhi kualitas sperma.
Silakan ikuti kuis berikut ini untuk memastikan apakah Anda berdua secara fisik siap untuk mempunyai anak.
1.    Waktu yang paling baik untuk minum vitamin prenatal adalah:
a.    Sebelum hamil
b.    Segera setelah Anda tahu hamil
c.    Setelah trimester pertama
Jawaban:
a.    Paling baik mulai mengonsumsi suplemen prenatal yang berisi paling tidak 400 mikrogram folic acid sebelum Anda hamil. Riset mengatakan bahwa minum folic acid paling tidak sebulan sebelum hamil mengurangi risiko memiliki anak dengan cacat saluran saraf sampai 70 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Kurangi kafein


2.    Apakah lelaki atau perempuan yang harus mengurangi asupan kafein sebelum mencoba untuk punya anak?
a.    Lelaki
b.    Perempuan
c.    Keduanya
Jawaban:
b.    Beberapa studi menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih dari 300 miligram kafein (sekitar 3 cangkir kopi) sehari tampaknya akan mengurangi kesempatan seorang wanita untuk hamil. Calon ayah, di sisi lain, harus merasa bebas untuk minum moka lebih banyak. Kafein sebenarnya membantu pria menstimulasi pergerakan sperma.

3 dari 7 halaman

Jumlah seng


3.    Seberapa banyak seng yang harus diasup calon ayah setiap hari?
a.    5-7 miligram
b.    8-10 miligram
c.    12-15 miligram
d.    Tidak ditentukan
Jawaban:
c.    Ayah harus mendapat paling tidak 12 sampai 15 miligram seng setiap hari. Beberapa studi menunjukkan bahkan kekurangan seng dalam jangka pendek dapat mengurangi volume semen dan kadar testosteron. Sumber terbaik seng adalah daging, ayam, ikan, sea food, kacang-kacangan, telur.

4 dari 7 halaman

Berhenti minum pil


4.    Setelah berhenti minum pil KB, berapa lama Anda harus menunggu sebelum mencoba punya anak?
a.    Sesegera mungkin
b.    Dua sampai tiga bulan
c.    Enam bulan
d.    Setahun
Jawaban:
a.    Anda dapat mulai mencoba hamil segera setelah menyelesaikan paket terakhir pil KB. Sejumlah wanita langsung subur kembali. Namun, sadari juga bahwa sejumlah wanita lain membutuhkan waktu dua sampai tiga bulan agar siklusnya menjadi kembali normal.

5 dari 7 halaman

Periksa dokter


5.    Ketika Anda pergi ke dokter untuk pemeriksaan prakehamilan, dokter akan memeriksa:
a.    Infeksi saluran kencing
b.    Tekanan darah tinggi
c.    Penyakit menular seksual
d.    Semua
Jawaban:
d.    Dokter atau bidan akan memeriksa Anda pada infeksi saluran kencing, tekanan darah tinggi, penyakit menular seksual, dan banyak sekali penyakit lain yang mungkin akan menyebabkan masalah selama kehamilan kelak. Pemeriksaan fisik menyeluruh akan memberi dokter dasar panduan semasa kehamilan, juga alat bantu menentukan apakah secara fisik Anda siap atau tidak untuk punya bayi.

6 dari 7 halaman

Vaksin rubella


6.    Jika Anda butuh vaksinasi rubella pada pemeriksaan fisik, berapa lama Anda harus menunggu sebelum mencoba untuk hamil?
a.    Tidak perlu menunggu
b.    Satu bulan
c.    Dua bulan
d.    Tiga bulan
Jawaban:
b.    Jika Anda perlu divaksinasi dengan vaksin viral hidup, seperti kasus rubella (lebih sering dikenal sebagai campak Jerman) Anda harus menunggu 28 hari sebelum mencoba hamil. Tubuh Anda butuh waktu untuk memproses dan mengeliminasi virus yang disuntikkan dan secara teori mungkin untuk anak yang belum lahir tertular virus dan (dalam kasus rubella) mengakibatkan kecacatan lahir berupa tuna rungu, encephalitis, dan masalah jantung.

7 dari 7 halaman

Kontrol tekanan darah


7.    Adalah penting untuk mengontrol tekanan darah tinggi sebelum hamil karena wanita dengan tekanan darah tinggi lebih mudah kena:
a.    Diabetes selama kehamilan (gestational)
b.    Edema
c.    Preeclampsia
d.    Tak satu pun di atas
Jawaban:
c.    Pembengkakan kaki dan pergelangan (disebut edema) adalah normal selama kehamilan. Wanita dengan tekanan darah tinggi lebih mudah kena preeclampsia, kondisi yang potensial berbahaya, ditandai dengan tekanan darah tinggi, permulaan penyimpanan cairan pada paruh kedua kehamilan dan protein dalam urin serta masalah plasental. Namun, buka berarti Anda tidak dapat hamil hanya karena hipertensi. Anda dan dokter dapat bekerja sama menyusun rencana untuk mengatur hipertensi itu selama kehamilan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini