Sukses

Dekat Pot Ganja, Politisi Jerman Lakukan Mandi Es

Menanam pohon ganja adalah ilegal di Jerman, namun politisi ini malah dengan sengaja lakukan tantangan mandi es di samping pot tanaman ganja

Liputan6.com, Jakarta Tantangan mandi es atau ice bucket challenge yang kini sedang mendunia pun dilakukan oleh seorang politisi Jerman guna mendukung kampanye penyakit neurodegeneratif Lou Gehrig atau ALS yang hingga kini belum ditemukan obatnya.

Uniknya, dalam video yang ia unggah saat melakukan tantangan mandi air es terdapat sebuah pot pohon ganja. Tepatnya berada di balkoni sebuah rumah.

Di Jerman sendiri, menanam pohon ganja hanya dilegalkan untuk kepentingan medis, di luar itu berarti melanggar hukum. Tentu saja hal ini membuat banyak orang bertanya-tanya dan komentar.

"Saya melakukan tantangan mandi es di tempat itu bukan ketidaksengajaan atau kecelakaan. Selain sebagai dukungannya terhadap ALS adanya pohon ganja sebagai bentuk pernyataan politik lembut saya," tutur politisi dari Greens bernama Cem Özdemir ini, seperti dilansir The Guardian, Jumat, (29/8/2014).

"Saya adalah (dari) Greens yang berteman dengan kebebasan," ujar Özdemir. "Mengonsumsi ganja dan risiko seharusnya jadi tanggung jawab masing-masing warga negara yang melakukannya do negara yang bebas," terang Özdemir mengomentari berbagai komentar di sosial media yang menanyakan keberadaan pohon ganja dalam video tantangan mandi es yang ia lakukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.