Sukses

Olahraga Dapat Membuat Kita Bertambah Gemuk

Olahraga kerap dilakukan untuk menurunkan berat badan, tapi bila salah dalam praktiknya, olahraga dapat membuat kita bertambah gemuk

Liputan6.com, Jakarta Olahraga dapat membuat kita bertambah gemuk. Olahraga kerap dilakukan untuk menurunkan berat badan, tapi bila salah dalam praktiknya, olahraga justru berdampak sebaliknya.

Berikut ini sejumlah alasan mengapa olahraga dapat membuat kita bertambah gemuk, seperti dikutip dari Health Me Up, Jumat (29/8/2014) 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Latihan dan makanan



Latihan dan makanan

Ketika melakukan olahraga dengan jumlah yang cukup besar, secara tidak langsung meningkatkan nafsu makan karena tubuh memerlukan lebih banyak nutrisi. Ketika nafsu makan meningkat, sudah tentu akan makan dengan jumlah yang lebih banyak.

Nah, dalam pemilihan jenis makanan inilah menjadi alasan kuat olahraga dapat membuat kita bertambah gemuk.

Dalam sebuah studi ditemukan bahwa tidak sedikit dari pelaku olahraga memahami hubungan antara olahraga dan nutrisi. Orang beranggapan, setelah mereka melakukan olahraga dapat memasukan apa pun ke dalam mulutnya, tanpa memperdulikan jenisnya.

Karena pemikiran sesat ini, membuat pelaku diet tidak jarang menyantap makanan cepat saji, ketimbang makanan yang sehat.

3 dari 4 halaman

Konsumsi lebih besar



Kalori yang dikonsumsi vs kalori yang dikeluarkan

Mengonsumsi banyak kalori setelah berolahraga adalah sebuah kesalahan. Pelaku olahraga kerap melebihkan jumlah kalori yang dibuang, lalu dengan seenaknya memasukan makanan terlalu banyak.

Untuk itu, perlu dipahami berapa lama seseorang melakukan olahraga terhadap makanan yang mereka santap;

1. Donut berukuran regular harus berenang 30 menit
2. Cokelat bar ukuran regular harus jogging selama 30 menit
3. Pizza sat loyang sederhana harus bersepeda selama 75 menit
4. Satu plastik keripik singkong harus melakukan olahraga gerak lari seperti bermain bola selama 80 menit
5. Segelas anggur putih harus melakukan latihan aerobik selama 20 menit

Perlu diketahui juga bahwa olahraga yang telah dijalani, belum tentu mampu membakar kalori yang telah masuk. Maka itu, penting bagi para pelakunya untuk memerhatikan nutrisi selama melakukan olahraga.

Sebab, cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah olahraga rutin dan diimbangi dengan diet yang sehat pula.

4 dari 4 halaman

Jumlah latihan



Jumlah latihan

Di pikiran mereka yang mau menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badannya, melakukan olahraga selama 20 menit setiap harinya atau 150 menit selama seminggu saja sudah cukup. Padahal, untuk menurunkan berat badan, kita harus melakukan olahraga minimal 250 sampai 300 menit setiap minggu atau 35 sampai 40 menit per hari.

Tapi idealnya, jika kita benar-benar ingin cepat merasakan manfaatnya, lakukanlah olahraga selama 600 sampai 800 menit selama seminggu atau lebih dari satu jam setiap harinya.

Bila cara di atas dilakukan dengan benar, olahraga dapat membuat kita bertambah gemuk tidak akan pernah terjadi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini