Sukses

7 Penyebab Tubuh Cepat Lelah

Ada banyak alasan mengapa Anda merasa cepat lelah padahal hari baru berlangsung setengah hari. Apa saja penyebab cepat lelah?

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya padatnya aktivitas dan kurang tidur. Ada banyak penyebab tubuh cepat lelah. Paling tidak berikut 7 alasan seseorang merasakan mudah lelah seperti dilansir Health, Kamis (28/8/2014).

1. Tidak minum cukup air
"Dehidrasi 2 persen saja sudah bisa membuat tubuh kurang berenergi," tutur Amy Goodson, RD, ahli nutrisi dari Texas Health Ben Hogan Sports Medicine.

2. Kurang zat besi
Kekurangan zat besi membuat Anda merasa lesu, mudah marah, lemah, dan tidak fokus. "Ini membuat Anda lelah karena sel dan otot kekurangan oksigen," terang Goodson. Segera penuhi kebutuhan zat besi bisa dari sayuran berdaun hijau tua, kacang merah, tahu, telur, dan kacang-kacangan.

3. Perfeksionis
"Berjuang untuk melakukan hal dengan sempurna, tak perlu membuat Anda bekerja lebih keras dan lebih lama dari yang diperlukan," tutur Irene Levine, PhD, psikiatri dari New York University School of Medicine. "Seorang perfeksionis membuat tujuan yang tidak realistis, dimana sulit atau tak mungkin untuk dicapai," tutur Levine. Oleh karena itu lebih baik beri batas waktu dan berusaha menempati waktu tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lewatkan sarapan

4. Melewatkan sarapan
Siapa bilang saat pagi hari tak butuh asupan energi. Saat tidur tubuh pun butuh bahan bakar untuk memompa darah dan oksigen mengalir. Artinya Anda membutuhkan sarapan untuk mengisi bahan bakar untuk aktivitas selanjutnya agar tidak lemas.
Goodson merekomendasikan sarapan yang mencakup biji-bijian, protein dan lemak sehat. Seperti outmeal, susu rendha lemak, roti gandum, dan telur.

5. Banyak makan makanan cepat saji
Makanan tinggi gula dan karbohidrat seperti yang banyak ditemukan pada makanan cepat saji akan meningkatkan gula darah.
"Lonjakan gula darah akan menyebabkan tubuh merasa lelah," tutur Goodson.

6. Ruang kerja/belajar berantakan
Segera rapikan meja kerja atau belajar Anda. Meja berantakan membatasi kemampuan Anda untuk fokus dan membatasi kemampuan otak untuk memroses informasi menurut studi dari Princeton.

7. Tidur dengan lampu menyala
Berbagai cahaya di sekitar kamar seperti dari lampu, handphone, peralatan elektronik mengganggu ritme alami tubuh untuk tidur. "Cahaya tersebut menekan hormon melatonim yang mengatur tidur dan bangun tidur," ujar dokter Allen Towfigh, MD, direktur medis New York Neurology & Sleep Medicine, P.C.

Sudah menemukan penyebab tubuh cepat lelah pada diri Anda? Segera perbaiki dan dapatkan tubuh bugar sepanjang hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini