Sukses

5 Bahan P3K dari Dapur Anda

Dari pusing hingga luka bakar, obatnya bisa didapatkan dari bahan-bahan di dapur Anda.

Liputan6.com, Jakarta Luka bakar, bengkak, sakit tenggorokan, dan banyak permasalahan kesehatan yang datang tanpa memberitahu terlebih dahulu. Paling menyebalkan jika sedang sangat membutuhkan namun tak ada obat di rumah.

Tak perlu khawatir, coba tengok berbagai bahan di dapur yang bisa membantu Anda mengatasi berbagai permasalahan kesehatan mulai dari luka bakar hingga pusing . Menurut dokter Manny Alvarez, paling tidak Anda bisa memanfaatkan lima bahan dapur yang bisa dijadikan obat seperti dilansir Fox News, Kamis (28/8/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bawang merah

1. Bawang merah
Sebagai bumbu utama, bawang merah dapat ditemukan dengan mudah di dapur. Tak hanya menyedapkan makanan, potongan bawang bisa mengatasi luka bakar dan mengurangi rasa sakit.

2. Teh hijau
Salah satu bagian tubuh bengkak? Coba kompres menggunakan teh hijau yang dapat mengurangi pembengkakan dan menyusutkan pembuluh darah.

3. Madu
Usai minum minuman beralkohol dan menyebabkan mabuk berat ada baiknya untuk mengonsumsi madu. Madu membantu tubuh memetabolisme alkohol lebih cepat karena kandungan kaliumnya.

3 dari 3 halaman

Garam

4. Garam
Saat sakit tenggorokan, jangan buru-buru makan obat tertentu. Lebih baik coba dengan berkumur menggunakan air garam yang berperan sebagai anti-inflamasi yang akan mengurangi rasa sakit.

5. Jahe
Jika pusing mendera, coba buat minuman hangat berbahan jahe. Jahe dapat membantu menjaga darah mengalir secara stabil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.