Sukses

Tomat Turunkan Risiko Kanker Prostat

Mengonsumsi tomat dapat menurunkan resiko kanker prostat hampir 20 persen

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Bristol, Cambridge dan Oxford menemukan bahwa mengonsumsi tomat dapat menurunkan resiko kanker prostat hampir 20 persen. Penelitian ini meneliti 1.806 pasien kanker prostat antara usia 50 dan 69, dan membandingkannya dengan 12.005 orang bebas kanker.

Penelitian yang dipublikasikan di Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention ini menemukan bahwa pria yang makan lebih dari 10 tomat selama seminggu dapat mengurangi risiko kanker prostat sebesar 18 persen. (Baca: Tomat Bisa Tingkatkan Kesuburan Pria)

Penulis penelitian percaya, penurunan risiko ini terkait dengan kandungan lycopene dan antioksidan yang kuat pada tomat. Sehingga dapat melawan racun yang dapat menyebabkan kerusakan DNA dan sel. (Baca: Saus Tomat Bantu Lawan Penyakit Jantung)

"Temuan kami menunjukkan bahwa sering mengonsumsi tomat bisa mencegah kanker prostat," kata pemimpin peneliti, Vanessa Er, seperti dikutip Foxnews, Kamis (28/8/2014).

Meski demikian, peneliti mengatakan, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan mengingat pria memang sebaiknya harus tetap makan berbagai buah dan sayuran untuk menjaga berat badan yang sehat dan tetap aktif.

Para peneliti dari World Cancer Research Fund (WCRF) dan American Institute for Cancer Research (AICR) juga merekomendasikan aktivitas fisik, diet dan menjaga berat badan sebagai langkah efektif dalam mencegah kanker. Selain itu meningkatkan konsumsi buah seperti tomat, sayuran dan serat makanan juga bisa menurunkan risiko kanker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini