Sukses

Pastikan 'P3K' Alami Ini Ada di Rumah Anda

Bahan masakan di dapur juga bisa dimanfaatkan dalam pertolongan pertama.

Liputan6.com, Jakarta Tak melulu obat, bahan masakan di dapur juga bisa dimanfaatkan dalam pertolongan pertama. Seperti misalnya bawang untuk mengobati luka bakar.

Lebih jelasnya, berikut penuturan Dr. Manny Alvarez yang mengungkapkan bahan masakan di dapur untuk keadaan darurat, seperti dikuti Foxnews, Kamis (28/8/2014):

1. Bawang

Bawang dapat digunakan sebagai pengobatan topikal untuk luka bakar. Oleskan potongan bawang pada luka bakar. Bawang akan membantu mengurangi rasa sakit akibat luka bakar. Bawang juga bisa digunakan untuk mengobati sengatan lebah.

2. Teh hijau

Teh hijau yang kaya antioksidan dapat digunakan untuk menyembuhkan mata bengkak. Kafein dalam teh hijau juga membantu mengurangi pembengkakan luka dan melancarkan peredaran darah.

3. Madu

Siapa yang tidak menyukai madu. Kandungan kalium pada madu dapat mengobati Anda dari efek alkohol.

4. Garam

Garam sangat baik digunakan sebagai anti-inflamasi. Jika tenggorokan sakit atau sariawan, berkumur dengan air garam akan mengurangi rasa sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini