Sukses

Aksi Cepat Atasi Kram Perut Saat Menstruasi

Beberapa langkah jitu atas kram perut maupun nyeri punggung saat menstruasi.

Liputan6.com, Jakarta Sekitar 85% perempuan mengalami kesakitan pada hari-hari pertama menstruasi. Diantaranya merasakan kram perut, sakit punggung dan migrain.

Jika sedang mengalami hal tersebut sekarang, lakukan beberapa langkah berikut yang bisa mengurangi rasa sakit dalam waktu cepat. Dilansir dari Today, Rabu (27/8/2014) berikut daftarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makan banyak serat

1. Makan lebih banyak serat
Saat menstruasi banyak perempuan yang lebih memilih comfort food yang disukai, sayang sedikit yang memilih sayur dan buah sebagai makanan kesukaan.
Tambahkan 20 gram serat dalam menu harian saat menstruasi ini efektif mengurangi rasa kram, nyeri punggung sebesar 25% ujar peneliti dari Kanada.

2. Usap perut
Mengusap perut dengan minyak calendula ke perut selama 20 menit bisa menenangkan kram menstruasi hingga 81%. Minyak calendula kaya senyawa yang membuat otot-otot lebih rileks ujar penulis penelitian.

3 dari 4 halaman

Pijat punggung

3. Pijat punggung
Duduklah dengan santai di atas bantalan empuk dengan telapak kaki telanjang. Kemudian dengan menggunakan ibu jari, pijat garis punggung selama tiga menit. "Teknik akupresur ini membantu merangsang pelepasan hormon endorfin yang bisa menghilangkan rasa sakit," ujar Susan Lark, MD penulis buku Dr. Susan’s Solutions: The Menstrual Cramps Cure.

4. Letakkan botol berisi air hangat di perut
Menurut studi peneliti dari Stanford University, meletakkan botol berisi air hangat di perut dapat menenangkan kram menstruasi seefektif obat. "Menghangatkan perut akan membuat otot rileks dan meningkatkan aliran darah, sehingga membantu meringkan nyeri," ujar dokter Lark.

4 dari 4 halaman

Olahraga luar ruangan

5. Berolahraga di luar ruangan
Dalam studi di Selandia Baru, ketika perempuan berolahraga rutin 30 menit empat kali seminggu dalam dua bulan bisa mengurangi masalah menstruasi. Lalu, jika sedang sakit karena menstruasi lakukan juga olahraga. Kombinasi antara gerak dan sinar matahari bisa memproduksi serotonin, yang membantu Anda lebih tenang dan bahagia menurut Maria-Annette Brown, PhD penulis When Your Body Gets The Blues.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini