Sukses

Terasa Maag, Waspada Kanker Hati

Sejumlah pasien penderita kanker hati tidak menyadari gejala yang dirasakannya. Bahkan, sakit pada bagian lambutng dianggap sebagai maag.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah pasien penderita kanker hati tidak menyadari gejala yang dirasakannya. Bila di bagian lambung terasa sakit, mereka selalu beranggapan kondisi itu adalah maag.

Namun ketika maag tidak kunjung sembuh, dan memeriksakan kondisi penyakitnya ke dokter liver lalu menjalani tes USG, barulah diketahui bahwa mereka menderita kanker hati.

"Dokter saja masih sering salah dalam mendiagnosa, apalagi masyarakat awam. Jangan sembarangan dalam mendiagnosa," kata Prof. DR. Dr. L. A. Lesmana, SpPD, KGEH.

Lesmana, dalam acara `Bayer Himbau Masyarakat dan Pemerintah Tanggap Penanganan Hati Stadium Lanjut` di Restoran Tesate, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (26/8/2014) menekankan, bila ada gejala penyakit terjadi di lambung, jangan selalu beranggapan sudah pasti itu lambung. "Bisa saja dari hati dan pankreas. Maka itu, jadi sering salah diagnosanya," kata Lesmana.

Oleh karena itu, Lesmana dan rekan sesama dokter harus lebih teliti dalam menangani keluhan pasien. Sehingga tidak terlambat menyadari penyakitnya tersebut.

"Pasien mengaku sakit maag. Tahu-tahu sebenarnya dia itu menderita penyakit hati," kata Lesmana. "Maka itu, kewajiban kita selalu menghimbau kewaspadaan akan hal ini," kata Ahli Penyakit Dalam FKUI-RSCM.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini