Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Saat Seks Terasa Membosankan, Ini Solusinya

Untuk mengatasi masalah seksual yang dialami oleh banyak pasangan yang telah lama menikah, beberapa upaya berikut ini dapat dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Untuk mengatasi masalah seksual yang dialami oleh banyak pasangan yang telah lama menikah, beberapa upaya berikut ini dapat dilakukan.

1. Mengatasi kejemuan
Untuk mengatasi kejemuan, pada prinsipnya adalah melakukan perubahan yang berpengaruh secara psikis. Antara lain mengubah suasana sehari-hari dengan melakukan variasi penampilan, variasi rangsangan seksual, dan variasi posisi hubungan seksual.

Suasana sehari-hari yang memberikan rangsangan secara seksual, baik psikis maupun fisik, misalnya suasana kamar tidur yang perlu diubah pada waktu-waktu tertentu. Bau parfum yang digunakan, juga perlu diganti agar tidak selalu sama. Demikian pula penampilan sehari-hari, pria maupun wanita.

Dalam hal perilaku seksual, rangsangan dan posisi seksual jangan hanya seperti yang selama ini. Hubungan pribadi yang bersuasana erotis harus tetap dipertahankan, antara lain melalui komunikasi seksual.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lakukan rileksasi

2. Lakukan rileksasi
Pasangan yang sudah lama menikah harus menyediakan waktu untuk rileksasi, keluar dari kesibukan kerja yang acapkali menimbulkan beban mental dan fisik. Selama waktu rileksasi, pasangan dapat merasakan suasana khusus, yang hanya dinikmati berdua.

Contohnya, nonton film berdua, makan di restoran yang bagus berdua, berlibur berdua, mendengarkan musik berdua, dan sebagainya. Selama waktu itu, pasangan dapat membina suasana erotis melalui komunikasi seksual yang dalam. Suasana baru yang romantis membantu membangkitkan suasana erotis bagi pasangan yang sudah lama hidup bersama.

3 dari 3 halaman

Mengatasi gangguan seks

3. Mengatasi gangguan fungsi seksual
Jika terjadi gangguan fungsi seksual hingga timbul keluhan atau menghambat aktivitas dan hubungan seksual, harus segera diatasi. Gangguan fungsi seksual acapkali menimbulkan reaksi penolakan dari pasangan.

Setiap gangguan fungsi seksual harus segera diatasi dengan cara yang benar, dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Upaya coba-coba yang tidak mengandung kebenaran berdasarkan ilmu pengetahuan, acapkali merugikan dan semakin memperburuk fungsi seksual.

Namun, tentu saja semua upaya itu harus didasarkan atas kemauan baik kedua belah pihak. Tanpa kemauan baik untuk mempertahankan kehidupan seksual, upaya itu akan sia-sia. Akibatnya, pasangan yang sudah lama menikah akan kehilangan sesuatu yang pernah dirasakan indah dalam kehidupan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini