Sukses

Belum Usai Ebola, Ghana Kini Dilanda Kolera

Sedikitnya 67 orang orang meninggal akibat kolera dan telah menginfeksi lebih dari 5.000 orang

Liputan6.com, Jakarta Belum selesai menyelesaikan masalah ebola, salah satu negara Afrika Barat, Ghana kini sedang dilanda kolera. Penyakit infeksi usus yang disebabkan oleh konsumsi makanan atau air yang tercemar ini biasanya akibat bakteri Vibrio Cholerae.

Penyakit ini digolongkan sangat akut jika timbul diare cair secara tiba-tiba yang dapat menyebabkan kematian karena kekurangan cairan yang parah dan gagal ginjal.

Laman Reuters Africa, Senin (25/8/2014) melaporkan, sedikitnya 67 orang orang meninggal akibat kolera dan telah menginfeksi lebih dari 5.000 orang. The Ghana Health Service (GHS) mengatakan, wabah ini berpusat di pemukiman daerah Selatan Ghana.

"67 orang tewas di dekat ibukota Accra, diprediksi 300 orang kini terinfeksi setiap hari akibat kolera," kata  kata Direktur GHS, Linda Van-Otoo.

Linda menegaskan, penyakit ini dipastikan karena sanitasi buruk yang ada di daerah tersebut. Apalagi hingga saat ini masih banyak masyarakat miskin yang kesulitan mendapatkan infrastruktur dan pelayanan dasar kesehatan yang baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ebola merupakan penyakit yang menyerang manusia, monyet, simpanse, gorila, dan primata lain yang disebabkan oleh virus Ebola.

    Ebola

  • Kolera merupakan penyakit akibat infeksi usus kecil yang disebabkan oleh bakteri Vibrio cholerae

    Kolera

Video Terkini