Sukses

Makin Tua Harus Makin Rajin Bersosialisasi, Ini Alasannya

Menyibukkan diri dengan bersosialisasi menurut para ahli bisa mengobati perasaan kesepian yang sering melanda para lansia.

Liputan6.com, Jakarta Tak lagi bekerja, produktivitas menurun, serta lebih banyak menghabiskan waktu di rumah membuat para lanjut usia merasakan adanya kesepian dan ketidakpuasan dalam hidupnya. Tentu ini sangat tidak menyenangkan. Menyibukkan diri dengan bersosialisasi menurut para ahli bisa mengobati perasaan tersebut.

"Keterlibatan sosial, dalam arti sebuah kegiatan yang memberikan suatu hubungan yang dekat akan membuat kehidupan para lansia jadi lebih berarti dan berkualitas," tutur Heather Gilmour analis dari badan statistik Kanada seperti dilansir CBC News, Minggu (24/8/2014).

Semakin banyak kegiatan sosial yang diikuti, semakin tinggi dampak positif yang lansia rasakan. Sehingga rasa kesepian dan ketidakpuasan hidup pun berkurang.

Namun, tak hanya faktor kuantitas seberapa banyak kegiatan sosial yang diikuti saja yang berperan memberikan kepuasan hidup lansia. Menurut dokter Nicole Anderson, neuropsikolog klinis dari Baycrest Health Sciences di Toronto, kualitas hubungan sosial pun jadi faktor besar untuk mencapai hal tersebut.

Dokter Andersen menambahkan, bahwa rasa positif yang dirasakan lansia saat bersosialisasi berdampak membantu sistem kekebalan tubuh lebih baik. Rasa cemas dan stres pun cenderung berkurang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini