Sukses

Kubis, Sayuran Murah yang Antikanker

Jangan remehkan sayuran yang mudah ditemukan dan biasanya dijual dengan harga murah ini. Manfaatnya untuk tubuh dahsyat.

Liputan6.com, Jakarta Sayur sop, cap cay, dan lalapan tak lengkap jika tak menghadirkan kubis. Tapi tak sedikit orang menilai sayuran yang tumbuh subur di kawasan dingin dan dijual dengan harga relatif murah ini tidak ada manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Benarkah?

Kubis merupakan sayuran yang tinggi serat dan rendah kalori. Untuk setengah cangkir kubis hanya mengandung 16 kalori yang baik untuk membantu menurunkan berat badan yang berdampak pada gula darah Anda. Selain itu, masih kubis pun memiliki sifat antikanker seperti dilansir Reader Digest, Sabtu (23/8/2014).

Hal ini disebabkan karena kubis mengandung sulphoraphane yang memiliki sifat antikanker. Salah satu penelitian pada wantia menunjukkan, mereka yang makan banyak kubis memiliki risiko terkena kanker payudara lebih rendah 45% dibanding yang sedikit makan sayur ini.

Selain itu, kubis pun membantu tubuh menjaga terhadap kanker paru-paru. Bahkan kubis yang difermentasi memiliki tingkat lebih tinggi senyawa antikanker.

Namun, untuk mendapatkan manfaat kandungan kubis yang baik jangan terlalu matang saat memasaknya. Jika memakan langsung sebagai lalapan, cuci dulu hingga bersih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini