Sukses

5 Manfaat Makan Kentang Beserta Kulitnya

Ada banyak manfaat makan kentang apalagi bersama kulitnya.

Liputan6.com, Jakarta Jangan sia-siakan kentang yang dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia. Kentang bisa digunakan sebagai bahan utama dan bahan tambahan berbagai makanan.

Namun seringkali kulit tak diikutsertakan untuk dikonsumsi. Padahal mengonsumsi kentang bersama kulit memberikan tambahan jumlah nutrisi untuk tubuh. Seperti dilansir Huffington Post, Sabtu (23/8/2014) berikut manfaat makan kentang beserta kulitnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kaya kalium

1. Kaya kalium

Tak hanya pisang yang kaya kalium, kentang juga. Bahkan dengan mengonsumsi kentang beserta kulit mengandung 1.600 mg kalium, setengah dari jumlah kalium yang dibutuhkan tubuh per harinya. Terpenuhinya kebutuhan kalium jadi kunci penting untuk menghindari dehidrasi dan menurunkan tekanan darah.

2. Kaya serat

Jika makan kentang beserta kulitnya, artinya telah mengonsumsi kebutuhan serat sekitar 7 gram atau sekitar seperempat dari kebutuhan per hari. Namun jika tanpa serat, banyaknya serat dalam kentang hanya 1 gram. Konsumsi kentang akan membuat kenyang lebih lama. Selain itu mengurangi risiko serangan jantung, menurunkan kolesterol dan membantu mencegah diabetes.

3 dari 3 halaman

Kaya Vitamin C

3. Sumber mangan

Kandungan nutrisi ini memang jarang dikenal, tapi tubuh membutuhkannya. Satu kentang besar dengan kulit mengandung 33% kebutuhan mangan per hari. Mangan berperan penting dalam pengolahan protein, karbohidrat dan kolesterol.

4. Kaya Vitamin C

Banyak yang tak menduga, mengonsumsi kentang bersama kulitnya akan menutrisi Vitamin C ke tubuh. Bahkan, satu kentang besar bisa berfungsi memenuhi setengah Vitamin C kebutuhan Anda. Vitamin C penting bagi tubuh sebagai antioksidan dan membantu menyembuhkan luka.

5. Kaya Vitamin B6

Makan satu kentang beserta kulitnya telah memenuhi 46% Vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh. Vitamin ini berfungsi dalam kerja kardiovaskular, pencernaan dan kekebalan tubuh.
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini