Sukses

Makin Tua Memang Makin Susah Tidur

Akhirnya ditemukan alasan mengapa para orang tua atau kakek-nenek sulit tidur.

Liputan6.com, Jakarta Orang tua atau kakek nenek yang berumur lebih dari 60 tahun biasanya akan mengalami pola tidur yang sangat sedikit. Paling hanya sekitar 2-4 jam per hari. Berbagai penelitian dilakukan, dan baru sekarang diketahui apa di balik pola tidur yang sangat sedikit.

Sebuah studi dari Beth Israel Deaconess Medical Center dan University of Toronto menjelaskan alasan neurologis untuk hal ini. Sulitnya kemampuan tidur lansia disebabkan karena perlahan-lahan matinya neuron yang terkait mengatur pola tidur yang bernama nukleus preoptic ventrolateral seiring usia bertambah.

"Semakin menua, semakin berkurang sel-sel ini. Artinya semakin sulit Anda untuk tidur," ujar Clifford Saper, M.D., Ph.D, kepala peneliti dan kepala neurologu Beth Israel Deaconess Medical Center seperti dikutip Huffington Post, Jumat (22/8/2014).

Saper menambahkan, mereka yang berumur lebih dari 70 tahun pun bisa tidur hanya satu jam saja. Umumnya pada usia lanjut jam tidur berkurang lebih dari setengah dari usia 20-an.

"Mereka merasa tidak beristirahat. Mereka terbangun karena tidak dapat tidur lagi, namun mereka tetap lelah seharian. Ini bisa dikatakan semacam insomnia kronis" ujar Saper.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini