Sukses

Apa Kriteria Calon Menkes Menurut Nafsiah Mboi?

Liputan6.com, Jakarta Setidaknya 2 bulan lagi, perombakan kabinet akan segera dilakukan. Siap atau tidak, para menteri telah memasuki masa transisi. Lantas seperti apa kira-kira kriteria Menteri Kesehatan menurut kacamata Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, apakah harus dari kalangan dokter?

"Pengalaman saya, sulit kalau bukan medis atau dokter. Walaupun menteri itu kedudukan politik dan siapapun bisa tapi di Indonesia, menteri berhubungan langsung dengan organisasi profesi, kebijakan, Rumah Sakit dan lainnya," kata Menkes usai usai menutup acara pertemuan Global Health Security Agenda (GHSA) di Hotel Shangrila, Jakarta, Kamis malam, ditulis Jumat (22/8/2014).

Berbeda dengan menteri di luar negeri seperti di Inggris, kata menkes, disana kerja menteri hanya politik saja, sehingga kalau partai tumbang ganti. Sedangkan di Indonesia, menteri dituntut banyak melakukan hubungan langsung dengan sejawat profesi dan masyarakat. Sehingga jika calon menteri kesehatan dari dokter, setidaknya ia akan mengerti isu kesehatan nasional dan global.

"Calon menteri kesehatan di Indonesia akan lebih baik dokter senior yang bisa berkomunikasi dengan siapa saja. Bukan tidak berarti yang bukan dokter tidak bisa, tapi dokter akan lebih baik," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini