Sukses

3 Fakta Jahatnya Gula untuk Manusia

Hampir semua makanan dan minuman mengandung gula, padahal konsumsi gula berlebih membahayakan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta
Sebagai masyarakat Indonesia, lidah kita terbiasa aneka makanan dan minuman manis. Belum lagi hasil proses makanan lain seperti nasi yang menghasilkan gula dalam tubuh. Tak heran, bahwa kita dan masyarakat dunia pada umumnya biasa mengonsumsi 500 kalori berlebih dari gula.

Padahal, terlalu banyak mengonsumsi gula tak baik untuk tubuh. Berikut fakta betapa jahatnya konsumsi gula bagi tubuh seperti dilansir Huffington Post, Jumat (22/8/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Fakta jahatnya gula berlebih untuk tubuh


1. Tingkatkan kerusakan hati
Dalam Journal of the American Heart Association tahun 2013 menunjukkan bukti bahwa gula bisa meningkatkan mekanisme kerja hati yang memperbesar risiko kerusakan hati.

2. Picu lemak di perut
Coba lihat apakah ada lemak menggelambir di perut Anda? Selain kurang olahraga, konsumsi gula berlebih membuatnya jadi lemak di perut.
Selain itu, ditemukan fakta bahwa tingkat obesitas remaja di era sekarang  tiga kali lipat jumlahnya dalam 30 tahun terakhir. Menurut studi di tahun 2010 hal ini disebabkan oleh kelebihan asupan fruktosa. Obesitas sendiri bisa sebabkan penyakit jantung dan diabetes di kemudian hari.

3. Lemahkan kemampuan otak
Sebuah studi di tahun 2009 menemukan hubungan antara konsumsi gula dan sel-sel penuan pada tubuh. Lalu, penelitian pun berkembang di tahun 2012 yang diketahui bahwa penuaan pun bisa melanda otak sehingg membuat kemampuan ingatan dan kognitif berkurang. Efeknya bisa jadi mudah lupa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini