Sukses

Obesitas di Usia 30-an Rentan Bikin Anda Pikun

Kembali, ada bukti tentang buruknya obesitas untuk kesehatan manusia.

Liputan6.com, Jakarta Para ilmuwan menemukan bukti bahwa obesitas di usia 30-an bisa meningkatkan risiko terkena demensia di hari tua. Demensia adalah suatu kondisi dimana kemampuan otak mengalami kemunduran.

Hal ini diketahui penelitan dari Oxford University terhadap jejak rekam kesehatan 450.000 orang obesitas dari tahun 199 sampai 2011. Hasilnya mereka yang obesitas sejak umur 30 hingga 70 tahun cenderung memiliki risiko lebih besar terkena demensia di kemudian hari.

Hasil mengejutkannya adalah, mereka yang obesitas di usia 30-an risiko terkena demensia lebih besar tiga kali. Diantara umur tersebut, usia 70 yang paling rendah risiko demensia-nya.

Menurut dokter Eric Karan, Direktur Penelitian di Alzheimer Research UK, obesitas menyebabkan tekanan darah tinggi dan diabetes. Inilah yang memengaruhi risiko demensia seperti dilansir Independent, Kamis (22/8/2014).

"Ada semakin banyak bukti bahwa gaya hidup sehat terkait dengan risiko demensia. Mulai dari menjaga berat badan, tidak merokok, dan olahraga teratur adalah cara menjaga otak tetap sehat," ujar dokter Karran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Obesitas merupakan penumpukan lemak yang berlebihan sehingga membuat berat badan di atas normal.

    Obesitas

  • Dementia sering disalahartikan sebagai penyakit pikun. Namun sebenarnya, demensia bukanlah penyakit melainkan gejala suatu penyakit.

    Demensia

Video Terkini