Sukses

Buah dan Sayur Bantu Tingkatkan Mood dan Sikap Positif

orang yang makan lebih banyak buah dan sayuran memiliki keingintahuan dan kreativitas yang tinggi serta mampu bersikap positif.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah studi yang diterbitkan The British Journal of Health Psychology menemukan bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayuran memiliki keingintahuan dan kreativitas yang tinggi serta mampu bersikap positif.

Dalam penelitian ini, peneliti meminta 405 orang berusia 17- sampai 25 tahun untuk merekam berapa banyak porsi buah, sayuran, permen, dan junk food yang mereka makan. Ratusan orang ini dinilai berdasarkan respon jawaban terhadap pertanyaan peneliti setiap hari.

Hasilnya seperti yang diprediksi, peserta yang makan lebih banyak buah dan sayuran cenderung memiliki tingkat wawasan dan kecerdasan yang tinggi dan memiliki sifat-sifat positif.

"Bisa jadi karena nutrisi yang ditemukan dalam sayuran dan buah seperti vitamin C, antioksidan, dan vitamin B yang dapat meningkatkan nutrisi dan membantu tubuh dalam memproduksi hormon yang menimbulkan rasa menyenangkan seperti dopamin, serotonin, dan oksitosin," kata penulis studi, seperti dikutip Womenshealth, Kamis (21/8/2014).

Meski begitu, peneliti mencatat bahwa temuan ini tidak cukup kuat untuk menunjukkan bahwa mengonsumsi buah dan sayur benar-benar menyebabkan dorongan suasana hati.

"Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan, tapi tidak ada salahnya untuk mengganti camilan sore Anda dengan buah dan sayuran," ujar peneliti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.