Sukses

Susah Tidur, 10 Makanan Ini Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Ahli gizi di Mumbai, India, Richa Anand memberikan daftar sepuluh makanan yang dapat membantu Anda tidur nyenyak

Liputan6.com, Jakarta Pernah mengalami susah tidur? Kesulitan tidur memang mengesalkan, bukan hanya kepala terasa berat tapi juga konsentrasi berkurang.

Tapi jangan khawatir, ahli gizi di Mumbai, India, Richa Anand memberikan daftar sepuluh makanan yang dapat membantu Anda tidur nyenyak, seperti dikutip Healthmeup, Kamis (21/8/2014) berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Susu



1. Susu

Kandungan melatonin pada susu dapat membantu Anda tidur lebih baik.

3 dari 11 halaman

Teh hijau



2. Teh hijau

Mengonsumsi kafein sebelum tidur memang tidak dianjurkan karena dapat mengganggu pola tidur. Tapi teh hijau merupakan pilihan yang aman. Kandungan theaninenya dapat membuat tidur lebih nyenyak.

4 dari 11 halaman

Buah



3. Buah

Mnegonsumsi buah-buah tertentu seperti mangga menurut penelitian dapat meningkatkan risiko diabetes. Tapi jangan salah, mengonsumsi buah seperti pisang atau apel sebelum tidur dapat membantu Anda tidur lebih baik.

5 dari 11 halaman

Buah kering



4. Buah kering

Buah kering adalah sumber lain dari gula dan serat, terutama jika Anda penderita diabetes. Tapi jika dikonsumsi secukupnya, buah kering dan kacang seperti almond adalah sumber magnesium, yang mempromosikan tidur lebih baik.

6 dari 11 halaman

Selain kacang



5. Biskuit gandum dan selai kacang

Biskuit gandum mengandung vitamin B yang mencegah insomnia. Selai kacang juga sumber protein yang baik dikonsumsi sebelum tidur.

7 dari 11 halaman

Keju


6. Keju

Keju mengandung kalsium yang membantu mengurangi stres dan tidur nyenyak.

8 dari 11 halaman

Yoghurt



7. Yoghurt beku

Yoghurt beku merupakan sumber kalsium yang dapat membantu mengurangi stres. Makanan ini juga mengandung protein yang memungkinkan Anda untuk tidur lebih baik.

9 dari 11 halaman

Telur



8. Telur

Sumber mineral seperti magnesium dan potasium yang mempromosikan tidur yang baik. Kandungan ini ditemukan di telur. Selain itu, telur rebus juga mengandung asam amino yang membuat tidur nyenyak.

10 dari 11 halaman

Oats



9. Oats

Oats yang kaya serat dan gula alami juga mengandung kalsium, magnesium, fosfor, silikon, dan potasium yang mempromosikan tidur yang baik.

11 dari 11 halaman

Seafood



10. Seafood

Seafood mengandung omega 3 asam lemak yang menenangkan otak Anda dan mengurangi gangguan saat tidur. Makan seafood tanpa bumbu dan tambahkan minyak zaitun dan jeruk nipis akan lebih baik. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.