Sukses

Bagaimana Afterplay Mesti Dilakukan?

Apa saja yang mesti dilakukan saat afterplay.Coba perhatian ini

Liputan6.com, Jakarta Pentingnya foreplay atau pemanasan dalam berhubungan seksual sudah banyak digarisbawahi oleh para ahli. Bahkan dalam suatu sesi berhubungan seks, seksolog dari Bali, Alex Pangkahila, mencatat porsinya mencapai 95 persen untuk kegiatan sebelum bercinta.

Meski begitu menurut Joel D. Block PhD, ahli terapi seks di Human Sexuality Center of Long Island Jewish Medical Center ini, menasihati supaya afterplay, yaitu saat-saat setelah hubungan seks mencapai klimaks, tidak diabaikan. "Jadi jangan langsung mendengkur setelah hasrat terlampiaskan," tulis Joel D. Block di bukunya, Kamis (21/8/2014).

Persisnya, afterplay adalah istilah yang menggambarkan apa yang dilakukan suami-istri sesaat setelah selesai melakukan hubungan seksual. Adegan tersering adalah berciuman, berpelukan dan berbagi perasaan intim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kematian seksual

Agar afterplay berjalan sukses, coba perhatikan beberapa hal ini

1. Jangan gunakan afterplay sebagai kematian seksual. Jika ada sesuatu yang kurang dalam berhubungan seksual, hal tersebut perlu didiskusikan, tetapi lakukanlah dengan lembut. Afterplay bukan tempat untuk menyalurkan kekecewaan seksual. Jangan terobsesi pada apa yang 'salah.' Sebagian orang terperangkap dalam mitos hubungan seksual yang sempurna dan kecewa jika tidak mendapati yang 'terbaik.' Santailah. Akan ada waktu lain.

3 dari 5 halaman

Ekspresikan

2. Ekspresikan perasaan dan pikiran seksual yang belum Anda ungkapkan. Apa yang Anda sukai dari interaksi seksual namun malu Anda ungkapkan. Dorong pasangan Anda untuk mengungkapkan perasaannya dengan menciptakansuasana penerimaan yang hangat dan gembira.

4 dari 5 halaman

Jangan bawa masalah

3. Jangan membawa masalah ke tempat tidur. Konflik yang bukan seksual seringkali berperan di tempat tidur. Saat-saat setelah berhubungan seksual bukan waktu terbaik untuk membicarakan tagihan kartu kredit.

5 dari 5 halaman

Berpelukan

4. Berpelukan dan bermesraanlah sedikitnya lima menit. Lima belas menit lebih baik lagi.

5. Katakan, "Aku cinta padamu." Ungkapan bernada kasih-sayang semacam itu memiliki arti khusus dalam momen yang hangat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.