Sukses

Tangan Raksasa Bocah Ini Lebih Besar dari Kepalanya

Belum diketahui persis apa yang terjadi dengan bocah yang tangannya lebih besar dari ukuran kepalanya.

Liputan6.com, Jakarta Umumnya, saat tangan manusia dikepalkan ukurannya akan jauh lebih kecil dibandingkan kepala. Namun, kondisi langka menimpa bocah delapan tahun asal India bernama Kaleem. Ukuran tangannya, lebih besar daripada ukuran kepalanya.

Kondisi ini terjadi sejak ia lahir. Ibunya, Haleema (27) menyadari hal ini namun tak berdaya berbuat sesuatu karena kondisi mereka yang miskin.

Kini, Kaleem mau tak mau harus hidup dengan tangan raksasa dan kesulitan untuk melakukan hal-hal sederhana seperti mengikat tali sepatu, memegang sendok, mengancingkan kancing baju atau mengangkat celana.

Selain itu, tantangan berat pun harus ia hadapi dalam kehidupan sosial. Banyak teman yang mengejeknya sebagai si tangan raksasa. "Aku tak berangkat ke sekolah karena guru mengatakan banyak anak-anak takut dengan tangan besarku," ujar Kaleem seperti dilansir Daily Mail, Rabu (20/8/2014).

Saat orangtua Kaleem membawa ke rumah sakit setempat, ternyata mereka tak bisa mendapatkan pengobatan instan untuk mengobati apa yang terjadi pada Kaleem.

"Sejauh pengalaman saya, ini adalah kondisi langka," terang dokter Ratan, direktur rumah sakit lokal di dekat rumah Kaleem.

"Sebelum kami melakukan tes genetik, kami tidak bisa mengatakan apa yang terjadi dengan Kaleem," tambah dokter Ratan.

Ketika ditanyai kepada dokter lain dengan menunjukkan foto, dokter Krishan Chugh, kepala pediatri  Fortis Memorial Research Institute di Gurgaon memprediksi apa yang terjadi pada Kaleem adalah lympangioma atau hemartoma. Kedua hal ini bisa dilakukan pengobatan.

Lympangioma adalah suatu kondisi dari sistem limfatik yang menyebabkan peradangan ekstrim yang mengakibatkan munculnya pembengkakan di bagian tubuh tertentu. Sedangkan hemartoma adalah jenis jinak tumor dimana tubuh memproduksi jaringan berlebih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini