Sukses

Cerita Sukses Indonesia Hadapi 5 Penyakit Diurai di Forum GHSA

Tanggal 20 dan 21 Agustus 2014 ini Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan Global Health Security Agenda (GHSA).

Liputan6.com, Jakarta Tanggal 20 dan 21 Agustus 2014 ini Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan Global Health Security Agenda (GHSA).

‎Pada 20 Agustus, mewakili Indonesia saya menyampaikan dua presentasi. Pertama, "Indonesia Experience", berisi tentang paparan tentang 5 masalah zoonosis di Indonesia seperti flu burung, rabies, leptospirosis, antraks, pes, juga cerita sukses penanganan kelima masalah ini.

Flu Burung H5N1, yang tadinya 55 kasus di 2006 menjadi 2 kasus di 2014. Sementara rabies di Bali, dari 82 kasus pada 2010 menjadi hanya 1 kasus di 2013.

Kegiatan diskusi berlangsung dalam bentuk interaktif dengan 6 orang panelis. Dalam sesi ini juga dibahas tentang kerjasama multisektoral menghadapi wabah, dan akan dikaji melalui 3 pertanyaan :

1. Tantangan penanggulangan wabah zoonosis dalam deteksi kasus
2. ‎Tantangan dalam melaksanakan respon multi sektoral
3. Masalah yang dihadapi dalam prevensi terjadinya wabah.

Indonesia punya amat banyak pengalaman dan pengetahuan di bidang penanggulangan wabah, dan saya membagi pada para tamu dari berbagai negara yang hadir di GHSA Jakarta dalam kesempatan ini.

Prof Tjandra Yoga Aditama SpP(K), DTM&H, MARS, DTCE
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan
Kementerian Kesehatan RI

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini