Sukses

Calon Jemaah Haji Perlu Jaga Diri dan Belajar tentang Ebola

Indonesia yang memiliki ratusan ribu jamaah haji yang akan ke Arab bisa jadi berisiko tertular ebola

Liputan6.com, Jakarta Pelaksanaan ibadah haji tahun ini dikhawatirkan akan menimbulkan penularan virus ebola yang lebih luas karena sedang mewabah di beberapa negara Afrika bagian barat. Indonesia yang memiliki ratusan ribu jamaah haji yang akan ke Arab bisa jadi berisiko tertular. 
 
Untuk menghindari penularan, Menteri Kesehatan RI Nafsiah Mboi berpesan kepada calon haji untuk menyiapkan kesehatan tubuh secara prima sebelum berangkat. Menkes mengingatkan agar para calon haji harus memiliki pengetahuan tentang penularan penyakit virus dan cara menjaga tubuh agar tak tertular. 
 
"Pastikan tubuh dalam kondisi prima. Jika sedang tidak prima harus ditingkatkan. Dan, jangan lupa terapkan perilaku hidup bersih dan sehat," tutur Nafsiah Mboi di kantor Kementerian Kesehatan di Jakarta (19/8/2014).
 
Pada kesempatan tersebut menkes pun menuturkan bahwa pemerintah Arab Saudi sudah memberikan jaminan keamanan terhindar ebola kepada Indonesia saat melakukan ibadah haji. Arab Saudi sudah menerapkan regulasi yang menutup pemberian visa kepada calon haji yang berasal dari negara-negara yang terpapar seperti Guinea, Liberia, Sierra Leone, dan Nigeria.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini