Sukses

Saat Makan Sendiri, Hindari Makan dengan 3 Cara Ini

Saat sendirian, seseorang cenderung makan sambil melakukan sesuatu agar tak merasa sendirian. Ini memicu seseorang makan lebih banyak.

Liputan6.com, Jakarta Saat makan akan jadi lebih berarti saat bersama teman, pasangan, atau keluarga. Namun, ada kalanya keadaan membuat kita makan sendirian. Studi terbaru dari sebuah perusahan riset menyatakan bahwa kesibukan masyarakat membuat makan sendirian jadi tren.

Mayoritas orang menghabiskan sarapan sendirian. Saat sendirian, seseorang cenderung makan sambil melakukan sesuatu agar tak merasa sendirian. "Hal ini membuat Anda tak menyadari kapan sudah merasa perut masih lapar atau sudah kenyang," ujar Leslie Heinberg, Ph.D., dari Bariatric and Metabolic Institute di Cleveland Clinic Foundation.

Oleh karena itu agar tak membuat barat badan melonjak, saat makan sendirian hindari makan sambil melakukan aktivitas berikut seperti dilansir Women's Health, Senin (18/8/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makan tidak di meja makan

1. Makan tidak di meja makan
Ada beberapa orang yang karena enggan makan sendirian, memilih memesan makanan lewat drive thru lalu makan di dalam kendaraan. Hal ini memicu Anda cenderung memilih makanan cepat saji yang tinggi kalori.
Lebih baik, pesan dan duduk makan di restoran atau rumah makan tersebut sambil melihat pemandangan yang ada di sekitar Anda.

2. Menyalakan TV atau laptop
Saat makan sambil nonton TV atau browsing di internet, hal ini membuat Anda tidak memerhatikan berapa banyak makanan yang dikonsumsi dan apakah sudah penuh atau belum. Artinya membuat Anda makan berlebih.

3. Makan cepat
Saat makan bersama orang lain, makan bisa sambil mengobrol dan memberikan waktu otak untuk perut sudah kenyang atau belum. Namun saat sendirian, Anda cenderung makan lebih cepat dan tidak merasakan kenyang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.