Sukses

Bahaya di Balik Penggunaan Lensa Kontak Saat Berenang

Dengan alasan berpori, lensa kontak sangat dilarang digunakan saat berenang

Liputan6.com, Jakarta Dengan alasan berpori, lensa kontak sangat dilarang digunakan saat berenang. Bahkan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (Food and Drugs Administration  tidak merekomendasikan penggunaan lensa kontak pada hampir semua jenis air.

Demikian disampaikan pakar kesehatan Foxnews, Dr Manny Alvarez, ditulis Senin (18/8/2014). Menurutnya, meski kolam renang bersih tidak seperti danau atau kolam tapi kemungkinan mikroorganisme hidup dalam air ada dan risiko infeksinya jelas berbahaya.

"Paparan air kolam renang juga dapat menyebabkan lensa kontak Anda mengencangkan sekitar mata karena ada zat klorin yang ditambahkan ke kolam untuk membantu menjaga air bersih," jelasnya.

Dr. Manny menyarankan, jika Anda ingin berenang, sebaiknya menggunakan kacamata renang bukannya lensa kontak. Kacamata renang telah didesain untuk melindungi mata. Namun jika terlanjur masuk kolam renang sebelum melepaskan lensa kontak, segeralah membersihkan lensa kontak dengan air pencucinya.

Dan jika Anda mengalami gejala seperti mata kemerahan, iritasi, nyeri, atau sensitivitas terhadap cahaya setelah memakai lensa kontak dalam air, segeralah periksakan diri ke dokter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini