Sukses

5 Alasan Pria Berpoligami

Sebenarnya, apa yang mendorong seorang pria melakukan sistem pernikahan poligami?

Liputan6.com, Jakarta Poligami merupakan sistem pernikahan di mana salah satu pihak, suami atau istri, menikahi lebih dari satu lawan jenis. Bentuk dari poligami beragam, yaitu Poligini, Poliandri, atau pernikahan kelompok (kombinasi poligini dan poliandri).

Bila dibanding perempuan, kaum pria disebut yang paling banyak melakukan sistem pernikahan semacam ini. Meski banyak yang tidak setuju karena dianggap menyakitkan, tetap saja banyak yang melakukannya.

Sebenarnya, apa yang mendorong seorang pria melakukan sistem pernikahan poligami?

Dikutip dari pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, Senin (18/8/2014) Praktisi Kesehatan, Dr Ari F Syam yang mengatakan bahwa satu penelitian dari Nigeria melaporkan ada lima alasan seorang pria melakukan praktik poligami;

1. Ingin memiliki anak lebih banyak
2. Meningkatkan prestise di mata teman atau kelompoknya,
3. Meningkatkan status dalam masyarakatnya
4. Menambah anggota keluarga untuk melakukan suatu pekerjaan. Misalnya dalam bidang pertanian,
5. Memuaskan dorongan seksualnya

Diakui Ari, dirinya sendiri belum pernah melakukan survei mengenai permasalahan ini, dan belum mendapatkan penelitian dari Indonesia yang telah dipublikasikan secara internasional. Tapi, dalam praktik sehari-hari sebagai dokter, masalah keluarga dapat menjadi pencetus seseorang mengalami permasalahn kesehatan ini.

Penelitian yang dilakukan di Departemen Arkeologi dan Antropolgy, University of Bristol, Inggris menyebutkan bahwa sejalan dengan prediksi dari teori evoulsi, poligami bermanfaat bagi keberhasilan reproduksi pria, yaitu menghasilkan jumlah yang lebih besar dari keturunan yang masih hidup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.