Sukses

Biarkan Anak Bermain agar Makin Pintar

Membiarkan anak bermain adalah cara tepat agar anak lebih kreatif.

Liputan6.com, Jakarta Seringkali orangtua terlalu khawatir dan melindungi si kecil. Tapi anak yang terlalu dikekang tidak akan membuat anak menjadi kreatif dan cerdas. Membiarkan anak bermain adalah cara tepat agar anak lebih kreatif.

Demikian disampaikan Dosen senior di bidang psikologi dan pendidikan di Universitas Cambridge, Dr David whitebread. Ia mengecam orangtua yang selalu memberikan tekanan pada anak untuk tidak banyak bermain.

"Membiarkan anak-anak bermain sendiri membantu mereka mengembangkan keterampilan yang terkait dengan prestasi akademik," kata David, seperti ditulis Dailymail, Kamis (14/8/2014).

Masalahnya, kesibukan orangtua atau minimnya waktu si kecil bermain dalam beberapa dekade terakhir mengalami perubahan yang besar. "Kehidupan anak-anak sekarang jauh lebih terstruktur. Mereka sering ikut pelajaran tambahan daripada bermain. Padahal, sudah ada banyak bukti yang menunjukkan anak kurang bermain dapat merugikan."

Data Fisher Price menunjukkan, anak-anak hanya menghabiskan 5.4 jam bermain sehari. 2,3 jam bermain dengan orang tua dan 1,9 sisanya mereka bermain sendiri.

Dr whitebread mendesak orang tua untuk memberikan anak-anak berbagai pengalaman, baik dengan orangtua atau dengan teman sebaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.