Sukses

8 Makanan Pereda Nyeri Haid

Liputan6.com, Jakarta Mendekati hari-hari menjelang menstruasi, sakit kepala dan emosi yang fluktuatif (naik turun) kerapkali dikeluhkan perempuan. Hal yang disebut Premenstrual Syndrom (PMS) ini sebenarnya bisa dikurangi dengan makanan di sekitar yang mampu meringankan gejala-gejala PMS.

Karena itu, menjelang tanggal menstruasi Anda segera konsumsi makanan-makanan berikut untuk menghindari PMS seperti dilansir dari Women's Health, Rabu (13/8/2014).

1 dari 5 halaman

Brokoli cegah kembung

1. Brokoli
Untuk mengurangi kembung yang biasa muncul pada saat menstruasi, konsumsi makanan tinggi serat seperti brokoli. Kandungan serat dan air mampu mengusir rasa kembung dan ketidaknyaman perut menjelang menstruasi.0

2. Gandum
Suasana hati saat PMS memang diakui banyak perempuan menjengkelkan. Bisa naik turun dan sulit terkontrol. Menurut studi Archives of Internal Medicine untuk meningkatkan suasana hati diet rendah karbohidrat perlu dilakukan. Untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dalam tubuh ganti dengan karbohidrat kompleks seperti roti gandum.

2 dari 5 halaman

Salmon untuk antidepresi

3. Salmon
Saat tepat untuk makan sushi salmon atau menu enak salmon lainnya. Salmon dikenal sebagai sumber Omega-3 yang meningkatkan perasaan senang dalam diri Anda. Bahkan menurut penelitian Harvarda dan McLean Hospital, Omega-3 mampu berperan seperti antidepresi.

4. Pisang
Sulit tidur sering jadi gangguan pada perempuan menjelang datang bulan. Hal ini ternyata berdampak memperparah rasa sakit atau kram pada saat menstruasi. Oleh karena itu disarankan untuk makan pisang yang kaya dengan melatonin sebelum tidur yang bisa mengatur ritme alami tubuh.

3 dari 5 halaman

Bayam bebaskan jerawat

5. Ayam
Ayam tanpa lemak mengandung Vitamin B12 untuk melawan rasa lesu dan protein yang membuat tetap berenergi menjelang menstruasi.

6. Kale dan bayam
Sering mendapati jerawat menjelang menstruasi? Lawan hal itu dengan makan sayruan berdaun hijau gelap seperti kale dan bayam. Vitamin A didalamnya bisa melawan lemak yang jadi sumber kehadiran jerawat.

4 dari 5 halaman

Kuaci cemilan anti sakit kepala

7. Kuaci
Kurangi sakit kepala sebelum maupun saat menstruasi dengan makan makanan kaya magnesium seperti kuaci. Penelitian menemukan kuaci dapat merelaksasi pembuluh darah sehingga dapat meringankan sakit kepala.

8. Telur
Jangan sampai kelaparan sebelum menstruasi. Hal ini memicu munculnya emosi yang buruk bagi perempuan. Satu butir telur bisa membuat Anda berenergi dengan kandungan protein dan lemak sehat.

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Gejala Nyeri Dada yang Bisa Mengancam Nyawa
Artikel Selanjutnya
Hamil Ke-3, Kate Middleton Kembali Alami Hyperemesis Gravidarum