Sukses

9 Cara Naikkan Berat Badan dengan Aman

Ada banyak sebab mengapa ada orang yang kesulitan untuk menaikkan berat badan

Liputan6.com, Jakarta Lawan dari overweight sudah tentu underweight. Dan mereka yang punya berat badan kurang dari normal juga sama pusingnya dengan mereka yang memiliki berat badan berlebih.

Orang yang overweight kesulitan untuk mengurangi berat, sementara underweight pusing karena mereka sulit sekali untuk menambah berat badan. Meski sudah makan sebanyak apa pun, tidak ada satu pun dari makanan itu yang “menjadi daging”.

Cita-cita kaum underweight itu kadang hanyalah ingin tampak bagus dalam memakai baju tertentu. Atau juga untuk menjadi lebih sehat, tidak kurus kering.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Sistem imun lemah

Mereka yang punya berat badan kurang pantas saja merasa khawatir. Tidak hanya dari segi penampilan. Mereka cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah, membuat mereka mudah mengalami infeksi, komplikasi ketika menjalani operasi, dan waktu penyembuhan yang lebih lama saat sakit.

Kebanyakan mereka juga memiliki massa otot yang rendah. Selain itu, kondisi rambut, gigi, dan kulit pun tidak ideal. Selain itu, bisa terjadi kesulitan dalam regulasi hormon dan perlindungan tulang. Pada perempuan, kadang disertai dengan menstruasi yang tidak teratur.
Mengapa Terlalu Kurus?

3 dari 7 halaman

Banyak sebab

Ada banyak sebab mengapa ada orang yang kesulitan untuk menaikkan berat badan. Faktor keturunan salah satunya, tapi gaya hidup dan faktor lingkungan juga sangat memengaruhi.

“Kadang mereka dianggap memiliki proses metabolisme yang cepat. Tentu bukan hanya itu. Bisa saja mereka lebih aktif secara fisik,” kata Cindy Moore, MS, RD, direktur terapi gizi di Cleveland Clinic Foundation, seperti dikutip WebMD.

Aktif secara fisik dalam artian mereka selalu bergerak, membakar lebih banyak kalori ketimbang yang jumlah yang mereka asup. Faktor lain adalah mereka yang kehilangan selera makan, mengalami perubahan metabolisme, dan atau kehilangan massa otot dengan cepat, yang disebabkan oleh sakit, penyakit kronis, depresi, stres, dan efek samping obat.

4 dari 7 halaman

Pada anak

Pada anak-anak, ketidakmampuan untuk menambah berat badan biasa disebut sebagai “gagal berkembang”. Biasanya itu disebabkan oleh penyakit atau orangtua yang sangat mengatur pola makan. Kekurangan gizi juga bisa menjadi penyebab, kurang gizi karena konsumsi makanan mentah atau diet ala vegetarian.

Yang pasti, jika ada yang mengalami penurunan berat badan, padahal tidak sedang melakukan program diet apa pun, mereka harus segera berkonsultasi ke dokter. Sebab, penurunan berat badan tanpa sebab bisa menjadi salah satu tanda munculnya penyakit, misalnya diabetes.

Para penderita underweight yang ingin menambah berat badan pun tidak bisa sembarangan. Ada cara-cara aman yang dapat mereka ikuti. Tambahan lagi, tidak ada cara yang instan. Kesabaran adalah segalanya.

5 dari 7 halaman

Cara naikkan berat

Berikut adalah cara sehat untuk menaikkan berat badan, versi WebMD.

1. Keseimbangan antara jumlah protein, karbohidrat, dan lemak tepat yang masuk tubuh. Pilih makanan yang mengandung lemak tak jenuh, misalnya minyak zaitun, almon, walnut, dan pistachio. Perbandingan itu misalnya: 60-70 persen karbohidrat, 10-15 persen protein, dan sedikit lemak.

2. Santap makanan yang mengandung lebih banyak kalori, vitamin, dan mineral, bukan yang lebih banyak mengandung lemak atau gula.

3. Perbanyak makanan berkalori dalam setiap menu. Contohnya, tambahkan keju ke dalam telur goreng, kaserol, dan sup.

6 dari 7 halaman

Santap bukan makanan utuh

4. Jika Anda kenyang terlalu cepat, usahakan untuk menyantap makanan tinggi kalori atau irisan makanan, dan bukan dalam bentuk utuh.

5. Batasi minum beverages setengah jam sebelum dan setelah makan.

6. Untuk jus buah, sebisa mungkin jus tersebut adalah campuran dari dua atau lebih buah, bukan hanya satu jenis.

7 dari 7 halaman

Tambahkan lemak baik

7. Dengan takaran tertentu, bisa juga ditambahkan lemak baik dalam makanan, misalnya kacang-kacangan, alpukat, buah zaitun, dan ikan berlemak (salem dan mackerel).

8. Ngemil di antara waktu makan. Kacang-kacangan, buah kering, dan yoghurt adalah pilihan bagus, Anda bisa juga menyantap cemilan yang Anda suka.

9. Sebelum tidur, makan snack, misalnya roti berlapis selai kacang.


Catatan:
Hasil dari rekomendasi di atas akan berbeda untuk setiap orang. Jangan lupa, Anda juga harus bersabar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini