Sukses

Tujuan Marshanda Minum Xanax

Obat antidepresi, xanax tergolong aman bila dikonsumsi sesuai dosis.

Liputan6.com, Jakarta Meski obat anti depresi seperti xanax dapat berpotensi disalahgunakan oleh sebagian orang. Namun obat ini tergolong aman bila dikonsumsi sesuai dosis.

Seperti disampaikan Deputi Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional, Dr. dr. Diah Setia Utami, SpKJ, MARS bahwa obat xanax sama sekali tidak menimbulkan efek ketagihan. Obat ini hanya untuk perawatan ketika seseorang mengalami kecemasan atau susah tidur seperti yang terjadi pada pemeran Lala dalam sinetron Bidadari, Marshanda.

"Selama masih mengonsumsi xanax 1 mg, nggak apa-apa. Kecuali kalau dia minum 10-20 tablet baru bahaya. Dia cuma minum untuk maintenance kok, jadi bukan ketagihan," kata Diah saat dihubungi Liputan6.com, Senin (11/8/2014)

Diah menerangkan, ada suatu kondisi seperti diabetes atau sulit tidur yang mengharuskan pasien rutin minum obat. Kondisi tersebut tidak bisa dikatakan ketagihan.

"Sama seperti diabet, mereka yang mengalami depresi harus minum obat terus menerus. Sama sekali tidak bahaya, hanya untuk maintenance. Kalau gak, mereka akan merasa nggak nyaman. Kalau semua dokter dituntut pengacara karena ngasih obat antidepresi seperti ini, bagaimana jadinya. Bedakan antara ketergantungan obat karena dia memang harus maintenance dan ketergantungan obat-obatan terlarang," jelasnya.

Diah menambahkan, Xanax tersedia dalam dosis 0.25 mg (berwarna putih), 0.5 mg (berwarna merah muda), dan 1 mg (berwarna biru muda). Biasanya, jika kondisi kecemasannya sudah stabil, dosisnya bisa diturunkan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.